Kebutuhan Air Sangat Vital Untuk Pengecoran Jalan | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Kebutuhan Air Sangat Vital Untuk Pengecoran Jalan 

Pati, Detik Sumsel – Saat mengerjakan salah satu sasaran fisik TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pengecoran jalan sepanjang 1,450 meter, kebutuhan air yang ada di sekitar lokasi sangat vital.

”Kita memang mengandalkan air irigasi yang ada di kanan kiri jalan.

Karena air menjadi salah satu hal penting yang harus selalu tersedia, yakni untuk pengencer dalam adonan semen dan pasir saat ngecor jalan itu,” tersang Babinsa Tamansari, Sertu Jumroni.

Baca Juga :   Warung Ibu Suparmi Ketiban Berkah TMMD

Untuk itu, di lokasi pengecoran jalan, beberapa warga yang ikut gotong royong dalam TMMD sedang menampung air dari saluran irigasi yang berada di kanan kiri sepanjang jalan yang di beton.

Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mempersiapkan proses pengadukan campuran pasir dengan semen. ”Pemanfaatan air irigasi yang ditampung dalam tong itu, cukup memperlancar pengecoran jalan TMMD,” tambah Sertu Jumroni.

Mbah Kasiman (73), salah satu warga setempat mengatakan, air irigasi yang ada di kanan kiri jalan itu, selain untuk mengencerkan adonan semen dan pasir, juga digunakan untuk perawatan (curing) guna menjamin proses pengerasan jalan cor yang bagus.

Baca Juga :   Bertekad Akan Jalin Persaudaraan di Luar TMMD

”Kebutuhan air irigasi ini cukup banyak untuk bahan campuran adonan maupun untuk penyiraman agar kualitas jalanya jadi bagus,” jelas Mbah Kasiman. (Pendim 0715/Kendal)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kepengurusan KADIN Indonesia yang Baru Harus Segera Dibentuk

Jakarta, Detik Sumsel- Laporan Musyawarah Nasional (Munas) ke-VIII Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *