Kecamatan Ini Hasilkan Minyak dari Sampah Kantong Kresek | Detik Sumsel
Pemprov

Kecamatan Ini Hasilkan Minyak dari Sampah Kantong Kresek

Palembang, Detik Sumsel – Melihat adanya peluang mendapatkan keuntungan dari pengolahan sampah, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengajak kepada semua camat yang ada di Kota Palembang untuk berinovasi dalam pengelolanan sampah dengan metode instalasi pengolahan bank sampah pada Reuse, Reduce, dan Recyle (3R) yang ada di Kalidoni dan Sematang Borang.

“Sampah yang ada seluruh di kecamatan ini ternyata bisa menghasilkan uang, tentunya dengan pengelolaan dan penataan yang benar,” jelas wanita yang akrab disapa Finda ini.

Menurutnya, setiap hari sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 2 di Karya Jaya sebanyak 1.200-1.300 ton per harinya. Jika semua itu menumpuk dan tidak bisa dikelola, maka akan menumpuk seperti TPA Sukawinatan.

“Jika ada sistem pengolahan yang ada di bank sampah Kecamatan Kalidoni ini, maka akan mengurangi volume yang ada di TPA tersebut karena sudah dikelola,” bebernya, Selasa (23/4).

Finda menambahkan, turut berbangga atas kerja keras dan inovasi dari Kecamatan Kalidoni yang sudah menghasilkam produk hasil dari pengelolaan sampah.

“Seperti halnya sampah yang berasal dari kantong kresek plastik ternyata bisa menghasilkan bahan bakar jenis solar dan premium hingga minyak tanah yang bisa digunakan sebagai keperluan di lokasi bank sampah ini sendiri. Setidaknya untuk bahan bakar mesin itu sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Kalidoni, Arie Wijaya menambahkan, ini baru tahapan edukasi belum sampai pada tahap produksi besar-besaran. Namun ke depan dirinya berharap bisa meningkatkan semua itu.

Dari sampah tersebut juga menghasilkan minyak dari sampah plastik kresek. Untuk sementara bisa menghasilkan 10 liter saja karena kapasitas mesin yang belum memadai.

“Selain itu juga kita juga menghasilkan pupuk cair dari sampah organik yang basah dan pengolahan pakan ternak ikan yang berasal dari ulat. Untuk ulatnya sendiri, kita kembang biakan karena dilihat tadi ada sampah sisa-sisa sayur mentah yang kita gunakan sebagai bahan makannya. Saya berharap tentunya dengan adanya usaha dan upaya seperti ini bisa menjadikan terobosan baru bagi Pemkot khususnya mengelola sampah sesuai jenisnya sehingga bisa bermanfaat ke depannya,” pungkasnya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Resmi Dilantik, Cak Amir dan Pengurus MUI Siap Sukseskan Program Gubernur

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, tokoh agama memiliki peran penting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *