Keluarga Tjik Maimunah Datangi PN Palembang Sampaikan Ucapan Terimakasih kepada Majelis Hakim | Detik Sumsel
Pemprov
Perwakilan pihak keluarga Tjik Maimunah saat mendatangi Pengadilan Negeri Klas I Palembang

Keluarga Tjik Maimunah Datangi PN Palembang Sampaikan Ucapan Terimakasih kepada Majelis Hakim

Palembang, Detik Sumsel– Pasca putusan bebas yang dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang terhadap Tjik Maimunah terdakwa pemalsuan surat tanah. Perwakilan keluarga Tjik Maimunah mendatangi Pengadilan Negeri Palembang, Klas 1A Khusus Sumsel, Senin pagi (30/8/2021).

Kedatangan mereka untuk bertemu tiga majelis hakim yang menyidangkan kasus pemalsuan surat tanah. Untuk mengucapkan terimakasih secara langsung kepada majelis hakim.

Ketiga hakim yang menyidangkan perkara pemalsuan surat adalah Touch Simanjuntak SH MH, Paul Marpaung SH MH dan Harun Yulianto SH MH.

Ermawan salah satu perwakilan keluarga Tjik Maimunah mengatakan mereka ingin bertemu langsung pada mejelis hakim yang diketuai oleh Touch Simanjuntak, untuk mengungkapkan rasa terimakasihnya.

“Kami perwakilan keluarga datang kesini bersama orang yang membeli tanah kapilingan Tjik Maimunah yang di klaim oleh pihak pelapor kemarin (Ratna Juwita Nasution). Kami hanya ingin menyampaikan terimakasih langsung pada pak hakim,” ujar Ermawan, Senin (30/8/2021).

Karena jadwal sidang yang padat perwakilan keluarga Tjik Maimunah tidak bisa bertemu secara langsung kepada tiga majelis hakim yang menyidangkan perkara terdakwa Tjik Maimunah.

Dikatakan Ermawan setelah dari PN Palembang, pihaknya juga akan mendatangi Kejati Sumsel.

Tujuan mendatangi kantor Kejati Sumsel untuk meminta pihak Kejati untuk memeriksa JPU Kiagus Anwar selaku JPU dalam perkara tersebut.

“Setelah dari PN kami juga akan datangi Kejati Sumsel, untuk meminta pihak berwenang memeriksa JPU Kiagus Anwar yang kami nilai sudah menkriminalisasi nenek kami,” ujar Ermawan.

Juru bicara Pengadilan Negeri Palembang, Abu Hanifah SH MH mengatakan putusan bebas majelis hakim sudah berdasarkan dan pertimbangan yang memang dinilai tidak terbukti.

“Jadi jika majelis hakim saat itu memutus bebas murni, maka itulah yang dinilai pantas dan benar oleh majelis. Jika para warga ingin bertemu dan berterimakasih tidak apa-apa,” ujarnya.

Menurut Abu jika ingin mengucapkan terimaksih secara formal, tidak lah harus dilakukan oleh pihak yang merasa menang dalam suatu perkara.

“Karena sudah semestinya hakim menilai yang benar. Sebaliknya, jika ada pihak yang merasa tidak diuntungkan dalam putusan sebuah perkara, maka bisa menempuh upaya hukum lainnya,” jelas Abu.

Diketahui Majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang diketuai oleh hakim Touch Simanjuntak SH MH telah memvonis bebas terdakwa Tjik Maimunah yang dilaporkan sebagai orangvyang melakukan pemalsuan surat tanah oleh pihak pelapor, Ratna Juwita Nasution, pada Rabu (25/8/2021) lalu.

Atas vonis tersebut selaku pihak pelapor, Ratna Juwita Nasution merasa keberatan, dan sempat mengamuk diluar ruang persidangan.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Siswa Seberangi Sungai Naik Kotak Styrofoam, H Pelly Yusuf Minta Mendagri Segera Sah Pemekaran Pantai Timur

Palembang, Detik Sumsel — Video viral siswa SD di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI menyeberangi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *