Kembangkan Pembelajaran, Guru Dituntut Cakap Literasi Digital

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detiksumsel.com— Minimnya Guru yang cakap dalam literasi digital di Era teknologi yang terus berkembang, PGRI Sumsel edukasi guru melalui Seminar pendidikan Guru Cakap Literasi Digital bertempat di Universitas PGRI Palembang lantai 5, Jumat (25/11/2022).

Ketua PGRI Sumsel, Ahmad Zulinto menuturkan kesadaran guru di Sumsel khususnya di kota Palembang baru mencapai 25,7 persen dimana hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran guru atas literasi digitalisasi rendah.

“Pada tahun 2025 nanti pergantian guru gaptek akan habis maka guru harus dapat bersaing dan mempu mengembangkan pembelajaran yang paling tidak kesadran menjadi 60 persen,” ungkap Zulinto.

Menurutnya perubahan teknologi yang terus berkembang menuntut  guru untuk menguasai kecakapan digital guna mendukung proses belajar yang kreatif dan inovatif sehingga memiliki kemampuan mendesain pembelajaran kreatif, mengelola model dan variasi belajar dan membuat media pembelajaran menarik.

“Guru harus cakap teknologi untuk mengkomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal supaya diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran kepada siswa,” ucapnya.

Pihaknya berharap paling tidak dari 10 orang guru enam diantaranya cakap dalam digital sehingga dapat mengejar ketertinggalan.

Komentar