Kemenkumham Sumsel RDP dengan Komisi III DPR RI

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel — Kakanwil kemenkumham sumsel Harun Sulianto rabu (20/4) mengatakan pihaknya telah mengikuti Rapat dengar pendapat Komisi III DPR RI Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 (Bidang Hukum, Ham, dan Keamanan).

Kegiatan rapat itu dipimpin langsung oleh Adies Kadir selaku Ketua Tim sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai Golkar. Dan dilaksanakan pada Selasa (19/4) kemarin, pukul 12.30 s.d 14.30 WIB bertempat di Hotel Wyndham Palembang.

Wakil Ketua Komisi III Adies Kadier saat memimpin rapat menyampaikan Komisi III melaksanakan kunjungan kerja ke 3 (tiga) daerah, yakni Provinsi Gorontalo, Provinsi Riau, dan Provinsi Sumatera Selatan.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah kami ingin mendengar masukan/saran terkait program kerja dan apa saja yg telah dilaksanakan oleh rekan-rekan mitra kerja kami, serta kami ingin mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh mitra kerja”, ujar Adies.

Dirinya mengaku, dari pertemuan tersebut, Komisi III DPR RI mendapatkan penjelasan yang cukup bagus dan komprehensif. Menurutnya, hal tersebut akan menjadi masukan bagi Komisi III. Selain itu, dirinya mengungkapkan banyak juga masukan-masukan termasuk masukan terhadap Rancangan Undang-Undang tentang jabatan Hakim yang sedang dibahas Komisi III.

“Jadi pertemuan ini sangat memberikan banyak masukan dan banyak evaluasi juga yang akan kami sampaikan, akan kami teruskan juga nanti kepada Menteri Hukum dan HAM dan juga kepada Mahkamah Agung Republik Indonesia,” jelas Adies.

Pada sesi pemaparan dari masing-masing instansi, yang pertama adalah Pengadilan Tinggi Palembang, kedua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, ketiga Pengadilan Tata Usaha Negara Palembang, keempat Pengadilan Militer I-04 Palembang, dan terakhir Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Anggota komisi III DPR RI yang hadir pada rapat yakni Adies Kadir (Ketua Tim/Waka Komisi III F-Golkar), I Wayan Sudirta (F-PDIP), Sari Yuliati (F-Golkar), Bimantori Wiyono (F-Gerindra), Taufik Basari (F-Nasdem), Heru Widodo (F-PKB), Didik Mukrianto (F-Demokrat), Agung Budi Santoso (F-Demokrat), Achmad Dimyati Narakusumah (F-PKS), Siti Nurizka Puteri Jaya (F-Gerindra), serta Adde Rosi Khoerunnisa (F-Golkar).

Sementara mitra kerja Komisi III DPR RI di Sumsel hadir langsung yaitu Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto, Ketua Pengadilan Tinggi Palembang DR. Moh. Eka Kartika Em, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Drs. RM Zaini, Ketua Pengadilan TUN Palembang Hujja Tulhaq, Kepala Pengadilan Militer I-04 Palembang Kolonel Sus Niarti.

Serta hadir secara langsung Kapala Divi Pemasyarakatan kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto, Kepala Divisi Administrasi Idris, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Parsaoran Siamibang, Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus, dan Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis di Lingkup Kanwil Kemenkumham Sumsel.(Rilis)

Komentar