Kenalkan Literasi Keuangan Syariah BI Susun Buku | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Kenalkan Literasi Keuangan Syariah BI Susun Buku

Palembang, Detiksumsel – Potensi ekosistem keuangan syariah di Sumsel cukup besar. Namun dalam hal pengembangan dan potensi tersebut belum tergarap maksimal.

Ekosisten keuangan ini sangat besar dan saling berkaitan. Mulai dari fashion, halal Food dan lainnya. Mulai dari proses hingga alat pembayaran. Termasuk UMKM dan syariah. Saat ini banyak UMKM yang menggunakan pembiayaan syariah termasuk platform pembayaran digital. Hal ini diungkapkan Kepala Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Hari Widodo kepada media pada saat Bincang Bareng Media, Rabu (21/07)

“Pada masa PPKM ini banyak UMKM atau toko yang tutup tapi mereka tetap buka secara online pada sore hingga malam tentu dengan penggunaan pembayaran syariah ,”Jelasnya

Baca Juga :   Transaksi Trading Lebih Mudah di Mana Saja dengan Revolusi Industri 4.2

Bicara keuangan syariah, Hari mengatakan, Zakat, Infaq dan Sodakoh (Ziswaf) bisa menjadi jaring pengaman sosial. Manakala, pandemi Covid -19 dengan PPKM darurat yang ditetapkan pemerintah banyak orang melakukan sedekah dan berdonasi maka masyarakat bisa memanfaatkan dan mengumpulkan dana guna membantu mengatasi masalah masyarakat termasuk redistribusi ekonomi.

Ia menambahkan, keuangan syariah dan literasi syariah ini perlu di dorong mengingat masih belum banyak yang mengetahui dan memanfaatkan nya. Padahal ini bisa mensejahterahkan umat.

Ia mencontohkan wakaf banyak yang berpikir dan beranggapan berwakaf ketika cukup dan usia lanjut.

Padahal, sambung dia, di Riau wakaf dilakukan kalangan milenial untuk pembangunan proyek air bersih bagi masyarakat. “Kalangan milenial berdonasi hanya dengan Rp 5 ribu dan ini akan terus di galakan agar jadi habit . Tidak besar tapi rutin,”Ungkapnya

Baca Juga :   Fokus Pengiriman Jumlah Besar, Lingga Bidik Pedagang dan Perusahaan

Ditambahkan Hari guna mensosialisasikan keuangan syariah maka Bank Indonesia menyusun buku ekonomi dan keuangan syariah. Nantinya buku tersebut akan di sebar ke masjid masjid agar diberikan kepada jemaah terutama salat jumat dengan begitu literasi dan keuangan syariah akan sampai. “Selama ini mungkin khobat jumat di dominasi mengenai pembangunan akhlak sedangkan literasi keuangan belum,” makanya lewat buku ini bisa tercapai,” Tutupnya (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Cara Pesan Makanan Online di Palembang Square Selama PPKM Level 4

#Pesan Makanan Lewat Online dengan Sistem Drop di Pick Up Point Palembang, Detik Sumsel – …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *