Kerahakan 200 Perawat untuk Vaksinasi | Detik Sumsel
Pemprov
dr Syamsuddin Isaac Surya Manggala SpOG

Kerahakan 200 Perawat untuk Vaksinasi

Palembang, Detik Sumsel- Sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) terus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Salah satunya RSUD Siti Fatimah. Rumah sakit milik Pemprov Sumsel tersebut menyiapkan sebanyak 200 tenaga perawat yang nantinya akan melakukan penyuntikan vaksin.

Direktur Utama RSUD Siti Fatimah, dr Syamsuddin Isaac Surya Manggala SpOG mengatakan, sejauh ini pihaknya masih belum mendapatkan petunjuk resmi dari pemerintah pusat mengenai teknis pelaksanaan vaksinasi. Begitupun penunjukan RSUD Siti Fatimah sebagai penyelenggara vaksinasi.

“Tapi, kami sudah siapkan perangkat SDM-nya. Yakni tenaga keperawatan yang jumlahnya sekitar 200 orang,” ujar Syamsuddin saat dibincangi wartawan, Selasa (8/12).

Sehingga, kata Syamsuddin, ketika nantinya vaksin didistribusikan ke daerah, mereka sudah mempersiapkan diri. Ia menjelaskan penyaluran vaksin nantinya membutuhkan sasaran utama atau penerima vaksin.

“Jumlahnya kan tidak cukup untuk seluruh warga. Jadi sasaran utamanya harus tahu dulu. Inilah yang masih kami tunggu dari pusat,” ujarnya.

Syamsuddin menuturkan petunjuk teknis secara rinci juga diperlukan untuk mempersiapkan berbagai perangkat atau peralatan yang diperlukan dalam melakukan proses penyuntikan vaksin. Seperti tempat penyimpanan vaksin dan ruang penyuntikan.

“Bagaimana bentuk dan standarisasinya kami belum dapat informasinya. Tapi secara SDM, kami sudah cukup siap,” terangnya.

Syamsuddin menegaskan RSUD Siti Fatimah saat ini terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam melayani pasien yang datang. Petugas juga dilengkapi dengan APD lengkap untuk melindungi dirinya dari paparan virus. “Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada pengunjung agar menerapkan pola hidup sehat,” pungkasnya. (tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Bupati OKI : Vaksinasi Bukan Orang Sakit Atau Tidak Sakit Tapi untuk Melindungi

OKI, Detik Sumsel- Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE didampingi Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *