Keterlambatan Penyiangan Gulma Berpengaruh Terhadap Tanaman Kacang Hijau | Detik Sumsel
Pemprov

Keterlambatan Penyiangan Gulma Berpengaruh Terhadap Tanaman Kacang Hijau

Pati, Detik Sumsel – Pada budidaya kacang hijau terdapat beberapa permasalahan yang penting yang dapat menurunkan produksi kacang hijau diantaranya ialah keberadaan gulma. Adanya gulma pada lahan budidaya dapat merugikan baik dari kualitas atau kuantitas produksi tanaman, sehingga bila terlambat mengatasi gulma maka sudah pasti kegagalan tanam akan terjadi.

Seperti yang terjadi pada lahan milik Sulis warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken yang mengalami gagal tanam sehingga, hari ini bersama keluarganya memotong tanaman kacang hijau yang bercampur rumput untuk pakan hewan ternak, Rabu (14/7/2021).

Terlihat Serda Supriyadi anggota satgas TMMD Reguler ke 111 Kodim 0718/Pati yang ikut berbaur dengan Sulis dan keluarganya, mereka tampak saling berbincang-bincang sambil memasukkan rumput yang telah dikumpulkan kekarung.

“Awalnya saya tanam kacang hijau namun karena terlalu sibuk mengurus ternak dirumah dan terlambat menyiangi gulma, akhirnya perkembangan tumbuh kacang hijau jadi terhambat oleh gulma,” kata Sulis.

Dalam penjelasanya Sulis juga menambahkan bahwa meskipun merugi ia tetap akan mengulangi menanam kembali. Apalagi saat ini ketika ia berangkat kesawah jalan sudah menjadi halus dan mudah dilalui, semua itu berkat adanya TMMD reguler ke 111 Kodim 0718/Pati didesanya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Vaksinasi Tahap II Gusdurian dan Puskesmas Pati 1 di Klenteng Hok Tik Bio

Pati, Detik Sumsel – Pelaksanaan vaksinasi tahap II hari ini dilaksanakan oleh Gusdurian bersama Puskesmas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *