Keunggulan Sekolah Berasrama Modern untuk Masa Depan Anak | Detik Sumsel
Detik

Keunggulan Sekolah Berasrama Modern untuk Masa Depan Anak

Detik Sumsel – Keunggulan sekolah berasrama modern salah satunya adalah melindungi anak dari pergaulan yang salah. Melihat pergaulan remaja di masa sekarang ini membuat orang tua semakin kuatir efek buruk yang bisa saja menimpa anak-anak mereka. Terlebih lagi jika kedua orang tua harus bekerja di luar rumah sehingga seharian anak-anak di rumah tanpa pengawasan.

Menyekolahkan anak di sekolah biasa rawan terjadi salah pergaulan dan efek buruk yang ditimbulkannya. Pilihan orang tua untuk membawa anak-anaknya mengenyam pendidikan di sekolah berasrama modern apalagi yang berbasis agama sudah sangat tepat. Selain akan terhindar dari efek negatif pergaulan remaja sekarang ini, anak juga akan tumbuh menjadi generasi unggulan yang berakhlak mulia.

Fenomena munculnya sekolah modern berasrama atau istilah kerennya adalah boarding school seakan menjawab kecemasan orang tua terhadap masa depan anak-anaknya. Sekarang ini sudah cukup banyak sekolah swasta unggulan yang menawarkan konsep boarding school bagi siswanya. Inilah beberapa keunggulan sekolah asrama modern bagi siswa maupun para orang tua.

1. Lingkungan yang Terkondisi

Anak yang bersekolah di boarding school otomatis akan menghabiskan waktunya di lingkungan sekolah. Setelah jam sekolah selesai, anak akan mengikuti kegiatan yang beragam seperti ekskul dan aktivitas lainnya. Di samping itu anak juga akan tinggal di asrama yang berada di dalam lingkungan sekolah. Biasanya setiap asrama memiliki guru pendamping yang akan memantau aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh para siswa.

2. Mudah Memantau Pergaulan Anak

Bayangkan bagaimana susahnya orang tua memantau kegiatan anak saat mereka di luar rumah bersama teman-temannya. Apalagi jika anak-anak tersebut menggunakan alasan kegiatan sekolah kepada orang tuanya.

Berbeda dengan kondisinya jika anak mengenyam pendidikan di sekolah asrama modern atau boarding school. Seluruh kegiatan dan aktivitas siswa dilakukan di dalam lingkungan sekolah sehingga jauh lebih mudah untuk dipantau.

3. Lebih Disiplin dan Fokus

Pada sekolah biasa jam pelajaran hanya sampai siang saja dan setelah itu anak bisa kemana saja. Mereka cenderung sulit fokus mengikuti pelajaran kalau sudah memiliki rencana akan pergi ke suatu tempat dengan teman-teman setelah jam pulang sekolah.

Namun kalau anak sekolah di boarding school maka siswa akan lebih disiplin dan fokus pada pelajaran. Dengan jadwal yang sudah diatur oleh pihak sekolah mau tidak mau anak harus mengikutinya dan itu akan membantu mereka menjadi disiplin. Membentuk rasa disiplin dan lebih fokus pada apa yang dikerjakan menjadi salah satu keunggulan sekolah berasrama modern.

4. Melindungi Anak dari Efek Buruk Pergaulan

Kebanyakan orang tua yang menyekolahkan anaknya di boarding school memiliki alasan takut pada efek buruk pergaulan remaja. Jika sekolah di boarding school maka kekuatiran orang tua tersebut akan hilang karena yakin anak-anak akan aman di tangan guru pembimbing yang berkualitas.

5. Membentuk Kerukunan dan Kekeluargaan

Teman satu sekolah terlebih lagi yang tinggal di asrama yang sama akan menjadi keluarga baru bagi siswa. Tinggal di lingkungan yang sama mau tidak mau akan membentuk kerukunan dan kekeluargaan yang kuat diantara para siswa tersebut.

6. Membantu Anak Lebih Berprestasi

Dari semua keunggulan yang disebutkan sebelumnya akan berujung pada terbentuknya prestasi yang bagus pada anak. Lebih fokus pada pelajaran, disiplin waktu dan mengerjakan sesuatu sesuai jadwal, pergaulan yang terpantau dan lain-lain membantu anak untuk bisa meraih prestasi akademik yang tinggi.

Semua keuntungan tersebut bisa didapatkan dengan menyekolahkan anak di tempat terbaik. Salah satunya adalah sekolah SMA Dwiwarna (Boarding School). Sebuah SMA unggulan di Jawa Barat yang mengusung konsep Islamic boarding school. Sekolah ini hadir sebagai tempat terbaik bagi anak meraih masa depan gemilang. (Bet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Crew Kapal MV Charlotte Tewas Tengkurap Diatas Kapal di Perairan Tanjung Buyut

Palembang, Detik Sumsel — Seorang crew kapal MV Charlotte dilaporkan meninggal dunia diatas kapal diperairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *