Kisah Sukatmi Buruh Petani Bawang Merah | Detik Sumsel
Pemprov

Kisah Sukatmi Buruh Petani Bawang Merah

Pati, Detik Sumsel – Wilayah Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa tengah, penduduknya mayoritas adalah bertani padi di sawah. Tetapi tidak sedikit warga yang lahan sawahnya ditanami tanaman sayuran bawang merah, dan sebagian lagi ditanami sayuran yang lain, seperti cabai, terong dan lainnya.

Seperti terlihat, lahan sawah milik Bapak Karnodo (47) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, saat ini ditanami bawang merah dan tumbuh dengan baik. Pasalnya, pasokan air untuk kebutuhan tanaman bawang merahnya tercukupi. Untuk mendukung pertumbuhan tanaman bawang merah, kali ini Karnodo sedang mempekerjakan 2 orang ibu-ibu untuk membersikan daun bawang yang kering.

Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati yang ikut membantu Sukatmi (46) dan Jumiati (38) warga setempat dalam bekerja membersihkan daun bawang kering. Mereka terlihat akrab sembari berbincang-bincang terkait pengalaman menjadi buruh tani yang merawat tanaman bawang merah, Kamis (01/7/2021).

Sementara Sukatmi salah satu pekerja mengatakan, dirinya sudah menjadi pekerjaan tetap dilahan pak Karnodo dari mulai penanaman hingga saat panen tiba. Menurutnya, merawat tanaman bawang merah memang agak sedikit ribet, tapi hal ini sudah menjadi kebiasaan ibu Sukatmi dan rekannya.

“Alhamdulillah pak, selama bekerja disini saya merasa senang, karena upah yang saya dapatkan bisa untuk menambah uang belanja setiap harinya. Nanti kalau panen bawang ini sukses, dalam arti harga bawang tinggi kami juga mendapat bonus dari yang punya lahan,” ujarnya. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Anggota DPR RI H Sudewo Sosialisasi Bedah Rumah Bagi Warga Pati

Pati, Detik Sumsel — Kegiatan sosialisasi Program BSPS/ Bedah Rumah Tahun Anggaran 2021 Kementerian PUPR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *