Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Penerima Beasiswa

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel- Dosen dan Mahasiswa penerima Bidik Misi dan KIP-Kuliah Fakultas Sains dan Teknologi melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 sekaligus implementasi perjanjian kerjasama dengan sekolah menengah atas di Kabupaten Musi Banyuasin dalam hal ini di wilayah Kecamatan Sungaililin yang dipusatkan di SMAN 1 Sungaililin, yang diikuti oleh kepala sekolah SMA, SMK dan MA secara luring.

Menurut Wakil Dekan 3 Fakultas Sians dan Teknologi UIN Raden Fatah, Dr. Muhammad Isnaini, M.Pd., sosialisasi ini merupakan Implementasi pelaksanaan kerja sama yang disusun oleh UIN Raden Fatah bersama Pemerintah Kabupaten Muba sesuai dengan ruang lingkupnya, dengan tujuan untuk saling mendukung kegiatan dalam rangka pelaksanaan penyebaran informasi penerimaan mahasiswa baru dan informasi lain di UIN Raden Fatah yang ruang lingkupnya adalah pengiriman perwakilan SMA, SMK dan MA., dan salah satu upaya dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan kemitraan.

Dalam rangka memberikan kenyamanan akademik bagi pihak sekolah mengawal siswanya untuk melanjutkan studi, bahwa kepala sekolah sebagai talang atur sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, sehingga peserta didik dapat mempersiapkan lebih awal baik secara akademik ataupun yang lainnya, ujar pak Isnaini.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN Raden Fatah harus menjadi nafas dalam membantu peserta didik yang ingin melanjutkan studi, dan berharap peserta didik dapat mengenyam prosesnya atau setidaknya merasakan atmosfer berkompetisi, dan jangan sampai ketidakberuntungan peserta didik menjadi kendala dalam penerimaan mahasiswa baru, karena ada beasiswa KIP Kuliah, pangkasnya.

Kepala SMAN 1 Helvi Suartini, S.Pd., M.Si., yang mewakili beberapa sekolah yang ada di Sungaililin, menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah yang telah mempelopori pemberian informasi lebih dini tentang pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN dan SBMPTN 2022, SPANPTKIN dan UMPTKIN 2022 yang merupakan kesempatan untuk mengakses informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru terutama di UIN Raden Fatah secara penuh, supaya tidak terlambat dan ketinggalan informasi. Lebih lanjut beliau mengatakan “Di masa pandemi Covid-19, semua peserta didik harus melakukan pembelajaran secara daring tentunya ada hambatan, namun alhamdulillah mulai bulan ini sudah masuk dengan tatap muka Kembali tetapi masih terbatas dan peserta didik sudah dipersiapkan untuk mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi”.

Ikut dalam sosialisasi dan publikasi ini Dosen Prodi Sistem Informasi Fenando, M.Kom dan mahasiswa alumni SMAN 1 Sungaililin yaitu Ragil Prima Elfira mahasiswa Prodi SI dan dan Osa Denadah juga mahasiswa Prodi SI, mereka menjelaskan kepada adik-adiknya di SMA tersebut bahwa kuliah itu sangat enak, banyak teman dan UIN memberikan beberapa peuang beasiswa, misalnya seperti kami beasiswa Bidik Misi yang kini berubah menjadi beasiswa KIP Kuliah, ada beasiswa BI, ada beasiswa daerah seperti Kabupaten Muba ini, ada beasiswa Transmigrasi dan banyak lagi yang lain, ujar Ragil ketika memberikan motovasi kepada siswa yang ada di SMAN 1 Sungaililin.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 16 Maret 2022 dan dihadiri oleh perwakilan peserta didik dari SMAN 1, SMAN2, SMAN 3, SMKN 1 dan MA As-Salam yang berada di Kecamatan Sungaililin Kabupaten Banyuasin, dan didampingi oleh guru-guru dari sekolah dan madrasah masing-masing. Paparan tentang sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UIN khusus Fakultas Sains dan Teknologi disampaikan oleh Bapak Fenandi, M. Kom.

Komentar