Kompak, Empat BPD di Sumbangsel Biayai Pembangunan Daerah | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

Kompak, Empat BPD di Sumbangsel Biayai Pembangunan Daerah

Palembang, Detik Sumsel – Bank Sumsel Babel bekerjasama dengan BPD Jambi, BPD Lampung dan BPD Bengkulu dalam sindikasi kredit untuk pemerintah daerah di Sumatera Bagian Selatan untuk memaksimalkan peran Bank Sumsel Babel (BSB) sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang berfokus pada pengembangan potensi daerah untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

Kerjasama ini dilaksanakan untuk membantu Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se Sumbagsel dalam memberikan pelayanan bidang perbankan dan kemudahan dalam pemberian jasa dan Produk BPD di Sumatera Bagian Selatan.

Telah banyak kerjasama sindikasi kredit yang telah dilakukan sebelumnya oleh Bank Sumsel Babel dengan Bank Himbara, Bank Swasta dan BPD lainnya.

“Kerjasama sindikasi ini adalah langkah awal kami untuk mengajak BPD di wilayah luar Sumbagsel. Sehingga, peran aktif BPD terhadap pembangunan daerah dapat semakin meningkat dan kerjasama antar BPD dapat kita jalin semakin erat. Selain itu, kedepan masih banyak yang akan kita lakukan kerjasama yang lebih luas lagi, karena akan banyak interkoneksi pembangunan antar daerah” ujar Direktur Utama Bank Sumsel Babel Bapak Achmad Syamsudin di sela MOU sindikasi pembiayaan empat BPD, Rabu (06/10).

Achmad Syamsudin menambahkan, saat ini potensi pembiayaan Pemda ke empat daerah senilai Rp 4 triliun karena pembanguan di daerah banyak.

Pembiayaan Pemda masih menjadi pembiayaan yang menjanjikan karena dananya jelas sudah dianggarkan melalui ABPD dan APBN sehingga sudah jelas pasti bisa membayar.

Dikatakanya, kalau tidak bekerjasama dengan BPD lainya, BSB tidak akan sangup karena terbentuk dengan ketentuan PBK yang hanya diperbolehkan Rp 800 sampai Rp 900 miliar untuk pribadi. Tapi terkait dengan pemerintahan dibatasi 20 sampa 25 persen, dan saat ini kredit Penda sudah mencapai Rp 300 miliar dan yang masuk dalam proses kredit ada 200 pengajuan kredit yang masih dikelola.

Perbankkam bukan tidak berani tapi ada ketentuan karena kita ada kolidor- kolidornyo dan akan dievaluasi dan dengan MoU ini membuka peluang untuk bisa masuk dalam pembiayaan dari penda karena adanya kejelasan untuk pembagunan daerah.

Selain itu banyak kerjasama lainnya yang juga akan dilakukan ke depan karena sinergi laku pandai ke depan sebab jika daerah perbatasan akan membuat masing-masing daerah ambigu menggarap pembiayaan dan program bank, dengan kerjasama ini ke depan tidak akan ada kendala lagi.

Sementara itu perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayaj 7 Sumbangsel M Ridwan mengatakan, pemberian pinjaman bagi pemerintah daerah melalui sanitasi 4 bank daerah ini sangat baik.

Karena secara kinerja perbankkan di Sumsel secara umum baik dengan pertumbuhan mencapai 20,33 triliyun atau 7,97 persen, dengan pertumbuhan Dana pihak ketika (DPK) 11,26 persen, kredit naik 5,57 persen atau diatas nasional 0,35 persen.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bangga karena ini merupakan perwujudan dari mimpinya dan buah pemikiran yang brilian dari para dewan direksi sehingga mampu mewujudkan gagasan ini guna dalam pelayanan melalui pembiayaan sindikasi antara bank.

“Sindikasi maupun konsorsium ini merupakan momen dan menambah kepercayaan masyarakat terhadap perbankan karena dilakukannya kerjasama penandatangan terkait pembiayaan” ujar Herman Deru.

Dia mengatakan kerjasama ini akan menambah tingkat kepercayaan secara nasional terhadap perbankan. Kepercayaan masyarakat akan menjadi menambah modal bagi perbankan dimana masyarakat menabung dan investasi ke perbankan.

“Konsorsium atau indikasi ini merupakan peluang baik bagi pemimpin daerah Bupati dapat memanfaatkan serta berinvestasi” lanjut HD.

“Saya minta ini dikawal terus jangan hanya MoU tapi akan menjadi Memorandum of Action (MoA),” tambah Deru.(tnf). (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Lomba Kurasi UMKM Diperpanjang Sampai 20 Oktober 2021

[ Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan ] Halo, #UMKMSumsel 🙌🏻 LOMBA KURASI UMKM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *