banner 728x250

Konsisten Dukung Program Penghijauan, Tanam 200 Bibit Pohon

BCA dan Pemkot Prabumulih Tanam 200 Bibit Pohon
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel- Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai program.

Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama dengan Dinas Permukiman Kota Prabumulih melaksanakan program penghijauan dengan menanam 200 bibit pohon di Perumahan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Lingkungan yang hijau dan asri pastinya menjadi sebuah kenyamanan bagi banyak pihak. Sadar akan pentingnya penghijauan, BCA pun berinisiasi bersama dengan dinas setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman khususnya untuk masyarakat Prabumulih. Sekecil apapun aksi yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan hidup. Program penanaman 200 bibit pohon hari ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bersama dengan pemkot Prabumulih untuk membuat kota Prabumulih yang lebih asri,” kata Kepala Cabang BCA KCU Prabumulih Herianto, Kamis (9/6).

Ditambahkannya, pada kesempatan ini, program penanaman 200 bibit pohon kali ini terdapat empat jenis bibit yang ditanamkan yaitu bibit Kayu Ketapang Mini, bibit pohon Salam, bibit pohon Damar dan bibit pohon Mahoni masing-masing berjumlah 50 bibit.

Penanaman bibit ini kian mempercantik dan memperbaiki udara di kawasan Perumahan BSPS yang dihuni oleh komunitas pemulung, tukang becak, penyandang diabilitas, tukang sol sepatu, tukang pikul/ kuli panggul.

Baca Juga :   Wuling EV Mulai Meluncur di Palembang, Harga Mulai dari Rp 220 Juta

Bibit pohon ini juga memiliki manfaat yang baik dan cocok untuk ditanam di kawasan perumahan karena mampu membuat suasana menjadi teduh.

Lanjutnya, menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi.

Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim.

Baca Juga :   Honda Sport Motoshow Hadir Sapa Konsumen Setia Honda

Sebagai informasi, BCA senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG).

BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun di Maret 2022. Angka tersebut naik sebesar 25,6% YoY, dan berkontribusi hingga 24,9% dari total portofolio pembiayaan BCA. Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.

Keguatan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Prabumulih H. Andriansyah Fikri, Sekretaris Daerah Kota Prabumulih Elman, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Prabumulih Bustomi, Wakil Ketua TP PKK Prabumulih Hj. Reni Andayani, Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Prabumulih Muhammad Ali, Kepala Pengembangan Bisnis Cabang BCA KCU Prabumulih Agus Candra, Kepala Pendukung Operasional BCA Kantor Wilayah VI Heriawan Widjaja, dan Kepala BCA KCU Prabumulih Herianto pada Jumat (03/06). Seremoni ini juga dihadiri oleh segenap karyawan BCA, mitra tani, dinas lingkungan hidup dan masyarakat umum yang berpartisipasi dalam melakukan penanaman bibit. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL