Kotoran Sapi Bahan Pupuk Organik yang Murah Dan Mudah | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Kotoran Sapi Bahan Pupuk Organik yang Murah Dan Mudah

Pati, Detik Sumsel – Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati, yang sedang melaksanakan tugas di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa tengah, tidak hanya mengerjakan pembangunan fisik saja, lebih dari itu, mereka aktif dalam hal komunikasi sosial (komsos), termasuk membantu warga mengusung pupuk juga dilakukan.

Itu terlihat yang dilakukan oleh Serda Sukarji, salah satu anggota Satgas TMMD Reguler Kodim Pati di sela-sela waktu istirahatnya membantu Bapak Sucipto (54) warga RT.03/01, Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang sedang mengusung kotoran ternak sapinya dari kandang menuju ke tanah kosong dipinggir sawahnya, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga :   Guru SDN Kalikondang Akan Teruskan Program Literasi Yang Didorong TNI

Menurut Serda Sukarji, kegiatan yang dilakukan saat ini merupakan aksi spontan karena melihat Bapak Sucipto bersama satu orang warga sedang kesulitan mendorong gerobak yang berisi kotoran sapi.

“Kegiatan membantu warga bagi kami anggota Satgas TMMD, sebagai bentuk simpati kami terhadap warga yang sedang membutuhkan bantuan,” kata Sukarji.

Sementara Bapak Sucipto menuturkan, kotoran sapi ini dikumpulkan di dekat lahan sawah miliknya untuk dijadikan pupuk kandang (organik) setelah di diamkan beberapa bulan.

“Kotoran sapi tidak bisa langsung digunakan sebagai pupuk, pasalnya kadar amoniak nya masih tinggi dan jelas tidak baik untuk tanaman. Kotoran ternak sapi ataupun kambing harus didiamkan beberapa bulan dalam suatu tempat sembari kotoran berubah menjadi serbuk,” tutur Sucipto.

Baca Juga :   Jalan Dibangun Tentara, Jalan - jalan Pagi Nyaman

Ia pun tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada TNI anggota Satgas yang telah membantu mengangkut kotoran ternak bahan pembuatan pupuk organik.

Terimakasih Pak sudah membantu saya, kalau tidak ada bapak tentara kami keberatan mendorong gerobak ini. Semoga kebaikan bapak ini dapat membuat warga masyarakat semakin dekat dengan TNI Satgas TMMD yang sedang membangun desa kami,” pungkasnya. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pemerintah Targetkan 500 Ribu Testing per Hari untuk Mengendalikan COVID-19

Jakarta, Detik Sumsel- Menyusul pengumuman perapan perpanjangan PPKM Level 4, pemerintah menegaskan bahwa perkembangan virus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *