KP2KP, Wajib Diketahui Pajak UMKM Hanya 0,5 Persen Perbulan | Detik Sumsel
BNI"
Jalannya Sosialisasi perpajakan UMKM oleh Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kota Pagaralam.

KP2KP, Wajib Diketahui Pajak UMKM Hanya 0,5 Persen Perbulan

Pagaralam, Detik Sumsel – Karena masih banyaknya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tidak tahu jika pajak UMKM saat ini hanya tinggal 0,5 persen peromset perbulan.

Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kota Pagaralam melakukan sosialisasi kewajiban perpajakan bagi pelaku usaha UMKM di Pagaralam.

Sosialisasi ini sasarannya yaitu pelaku UMKM terutama para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di sejumlah Pasar Tradisional Kota Pagaralam. Sosialisai ini bertujuan agar para UMKM tahu bahwa saat ini pajak yang wajib dibayar oleh para pelaku UMKM hanya 0,5 persen dari omset setiap bulan UMKM.

Kepala KP2KP Kota Pagaralam, Aramis Sarasen mengatakan, bahwa giat sosialisasi yang digelar KP2KP Pagaralam bertujuan untuk memberikan pengetahuan pagi pelaku UMKM terutama para PKL yang ada di Pagar Aalam.

“Masih banyak pelaku UMKM terutama yang ada di pasar tradisional yang tidak tahu apa dan untuk apa pajak itu. Hal inilah yang harus kami lakukan agar mereka tahu pajak itu untuk apa,”katanya, Senin (25/10)

Pihak KP2KP juga memberikan pengetahuan kepada para PKL pelaku UMKM bahwa saat ini setiap pelaku usaha hanya wajib membayar pajak 0,5 persen perbulan dari omset.

“Jadi jika omset PKL itu setiap bulannya Rp5 juta maka mereka hanya wajib bayar pajak Rp25 ribu perbulan,”ujarnya.

Pajak yang dibayar oleh PKL itu juga nantinya akan dimanfaatkan kembali untuk pembangunan di daerah masing-masing. Untuk itu jika semakin banyak pelaku usaha yang membayar pajak maka pembangunan juga akan semakin banyak.

“Pajak itu dari rakyat untuk rakyat lagi. Jadi kapan lagi kita ikut berkontribusi membangun daerah hanya dengan membayar pajak 0,5 persen perbulan,”jelasnya.

Salah satu PKL Pasar Nendagung Pagaralam Siti Patimah mengaku saat ini dirinya tidak tahu jika pajak untuk UMKM itu hanya 0,5 persen dari omset perbulan.

“Kami baru tahu pak, jadi pajak yang harus kami bayar kecil sekali setiap bulan, namun kita sudah ikut berkontribusi membangun,”terangnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Peraih Medali di Porprov OKU Raya

Pagaralam, Detik Sumsel- Sebagai bentuk mengapresiasi perjuangan para atlet Pagar Alam yang telah mendapatkan medali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *