Kreatif Napi di Lahat Ciptakan Karya Bernilai Ekonomis | Detik Sumsel
BNI"
Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) menunjukkan karya.

Kreatif Napi di Lahat Ciptakan Karya Bernilai Ekonomis

Lahat, Detik Sumsel — Warga Binaan Pemasyarakat (WBP), atau yang biasa dikenal sebagai sebutan narapidana, rupanya tidak hanya melulu berprilaku kriminal. Ditangan pembinaan yang baik, narapidana ini rupanya bisa juga bersikap lembut, dan menciptakan sejumlah mahakarya dari bahan-bahan sisa.

Seperti sejumlah orang yang dipandang sebagai sampah masyarakat, yang terjeblos di Lapas Kelas II A Lahat ini. Mereka telah berhasil bertransformasi menjadi sosok seniman. Dengan hasil karya berupa membuat batu cincin, vas bunga dari koran, serta gantungan kunci, mainan kalung, asbak, miniatur hewan, dan kendaraan. Bermodalkan sisa dari batok kelapa, juga sisa tusuk es krim.

“Sejauh ini, baru ada tiga napi yang kita berdayakan. Diharapkan dapat membangkitkan semangat pengabdian serta perubahan sikap, mental, dan spiritual. Agar dapat diterima kembali di masyarakat,” ujar Kasi Kegiatan Kerja, Lapas Lahat, Makruf, Rabu (19/9).

Sementara, KPLP Lapas Lahat, Firzon SAg menuturkan, program kegiatan kerja tersebut bertujuan untuk memanusiakan manusia. Selain memberikan kegiatan positif selama masa tahanan. Pihaknya berharap skil ini bisa beguna saat bebas nanti. Sehingga saat kembali ke tengah masyarakat, si napi ini tidak lagi terpengaruh hal-hal yang negatif.

“Kalau ada yang memesan, jelas akan kita jual bebas ke pasaran. Kita jamin, hasil karya narapidana ini sangat bagus untuk dijadikan souvenir pernikahan, atau sekedar untuk hiasan di rumah,” kata Firzon. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

1700 Anak Di OKU Dapat Makanan Tambahan Sehat

Baturaja, Detik Sumsel – Sebanyak 1700 anak-anak PAUD menerima makanan tambahan sehat dalam kegiatan pemberian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *