Kreatif Sulap Karton Menjadi Souvenir | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Lahat, M Chairul Hakim, menunjukkan limbah hasil olahan. Foto Heru/DS

Kreatif Sulap Karton Menjadi Souvenir

Lahat, Detik Sumsel — Tunjukkan komitmen dalam hal pengurangan limbah. Dinas Lingkungan Hidup Lahat, punya cara unik dalam memanfaatkan limbah Karton Duplex. Dengan cara menjadikan limbah percetakan ini, sebagai celengan, media penyimpanan laporan, hingga souvenir.

“Ini ide kita sendiri. Jadi yang kita tunjukkan bukan sekedar laporan, tapi bukti nyata pengurangan limbah. Dengan cara pemanfaatan limbah, menjadi barang bernilai jual,” ujar Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Lahat, M Chairul Hakim, Selasa (16/4).

Menariknya, limbah Karton Duplex ini dibuat seindah mungkin, menggunakan sejumlah hiasan. Dengan menonjolkan gambar sejumlah potensi wisata di Kabupaten Lahat. Juga menampilkan laporan capaian pengurangan dan penanganan sampah, hingga laporan neraca pengolahan sampah tahun 2018.

“Ini hasil buatan dari ibu-ibu desa edukasi binaan kita. Masih banyak olahan lainnya yang sudah masuk pasar lokal. Nanti rencananya ini akan kita usulkan jadi sovenir bagi tamu yang datang ke Lahat,” sampainya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Emak – emak di Lahat Ngadu Lagi ke Dewan

Lahat, Detik Sumsel – 30 masa dari Ikatan Emak-emak Peduli Lingkungan Merapi Barat (IIPLMB) berunjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *