KUD Sejahtera Babat Toman Tanam Ratusan Ribu Bibit Porang | Detik Sumsel
BNI"
Launching penanaman bibit Porang di tanah seluas 5,4 Hektar

KUD Sejahtera Babat Toman Tanam Ratusan Ribu Bibit Porang

Sekayu, Detik Sumsel – Guna kemakmuran masyarakat Desa Babat, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kelompok Usaha Bersama (KUB) Agrilo Sejahtera Lestari Indonesia (ASLI) launching penanaman bibit Porang di lahan seluas 5,4 Hektar yang berada diantara perkebunan sawit.

Selain melaunching penanaman bibit Porang, KUB Sejahtera juga sekaligus melakukan pengukuhan kepengurusan, yakni Badan Pengawas dan Tim Kerja sebagai bagian dari KUB Sejahtera Babat Toman Muba.

Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Sejahtera Babat Toman, H Tamrin menjelaskan, bahwa terdapat sebanyak ratusan ribu pokk bibit yang ditanam oleh KUB Sejahtera, yakni 50.000 pokk jenis Spora serta 230.000 pokk jenis Katak Porang dengan total keseluruhan sebanyak 280.000 pokk.

“Kedepan kita bisa menyediakan bibit Porang jenis Katak 1.250.000 pokk, bibit katagori umbi 3,5 ton untuk dikembangkan di seputaran Desa Sungai Angit, Ulak Kembang, Sungai Napal, Srimulyo, Lubuk Buah dan seputaran Kecamatan Babat Toman dan Batang Hari Leko,” kata Tamrin yang juga merupakan Anggota DPRD Sumsel itu.

Dijelaskan Tamrin, dari penanaman bibit yang dilakukan KUB ASLI tersebut diperkirakan akan menghasilkan bibit katak sebanyak 2.000.000 butir serta 150 ton bibit Umbi Porang untuk budidaya Porang KUB. “Kedepannya, KUB akan menyediakan lahan seluas 15 Hektar dengan ola tanam yang berkelanjutan,” jelasnya.

Masih dikatakannya, bahwa pihaknya juga akan lakukan pembangunan pabrik Cip Porang jika usaha yang dilakukan oleh KUP dinilai telah membuahkan hasil.

“Jadi nanti bisa dipasarkan di lokal ataupun manca negara. Semoga berhasil atas Ridho Allah dan dukungan masyarakat,” tungkasnya. (Bet/Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Junaidi Gumay ; Kader Golkar Muba Siap Menangkan Airlangga

Sekayu, Detik Sumsel – Penunjukan Ketua DPP Golkar bidang pemenangan pemilu wilayah Sumatera II (Sumbagsel) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *