Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Biologi | Detik Sumsel
Pemprov
Gambar Unggulan

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Biologi

Palembang, Detik Sumsel — Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan kuliah kerja lapangan (KKL) secara daring yang dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 25 Juni 2021. Tema kegiatan Kuliah Kerja Lapangan angkatan 2018 yaitu Pengembangan Media Pembelajaran Dan Edukasi Kearifan Lokal Makhluk Hidup Dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh”. Kegiatan ini diperuntukan semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2018 didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Sekretaris Program Studi Pendidikan Biologi dan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Biologi. KKL secara daring ini bekerja sama dengan Pudak Scientific dengan Narasumber (Drs. H. Dadang Machmudin, M.S. dan M. Ikhsan Pahlawan, S.Pd.) serta Narasumber Dr. Tri Cahyanto, M.Si selaku Dosen Biologi UIN Sunan Gunung DJati Bandung.

Dalam sambutannya ketua Program Studi Pendidikan Biologi Dr. Yulia Tri Samiha, M.Pd. menyatakan bahwa Kegiatan KKL 2021 sebagai bagian dari proses peningkatan pengayaan ilmu dipandang sangat penting bagi mahasiswa, agar mahasiswa Pendidikan Biologi mampu mengadaptasikan diri pada lingkungannya. Kegiatan KKL dilaksanakan dalam rangka mengumpulkan data di lapangan, dan salah satu usaha untuk memperoleh data yang dapat dipertanggung jawabkan melalui kegiatan empiris di lapangan. Sebagai mahasiswa tentulah harus mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah kedalam dunia kerja nantinya. Karena pembekalan teori di dalam kelas tidaklah cukup untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan yang memadai, maka perlu adanya praktek secara nyata sebagai pengalaman aplikatif. Beliau juga menyatakan bahwa seyogyanya kegiatan ini dilakukan secara langsung namun karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini secara daring. Beliau mengharapkan mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama sehingga dapat mengambil kebermanfaatan dari kegiatan ini. Lebih dari itu beliau berharap kegiatan ini dapat menginpirasi mahasiswa dalam membuat tugas akhirnya nanti.

Prof. Dr. Abdullah, M.Ed selaku dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang membuka acara ini. Dalam sambutannya Beliau mengharapkan kepada para mahasiswa yang merupakan calon guru dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, agar para mahasiswa tidak hanya mengenal pelajaran/mata kuliah dalam kelas, namun mahasiswa dapat melakukan peninjauan, pemahaman, pembelajaran, dan pengamatan dari berbagai sumber yang berhubungan dengan materi perkuliahan. Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu bagian kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh guru.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan pemaparan materi utama oleh Drs. H. Dadang Machmudin, M.S. terkait alat peraga sederhana dan aplikasi berbasis android untuk memudahkan dalam pembelajaran jarak jauh. Materi yang disampaikan sangat lengkap mulai dari definisi pembelajaran jarak jauh, isu-isu utama dalam penyelenggaraan PJJ, bentuk APP, Kriteria dalam pembuatan dan pengembengan alat peraga praktik, aplikasi alat peraga dalam PJJ. Pemateri memberikan penjelasan terkait alat praktikum sederhana, kemudian melakuan demonstrasi percobaan sederhana. Dalam kesempatan ini mahasiswa juga mencoba melakukan percobaan sederhana dari rumah masing-masing. Setelah pemaparan materi, sesi selanjutnya yaitu tanya jawab. Mahasiswa terlihat antusias melakakukan tanya jawab kepada narasumber.

Kegiatan pada hari berikutnya penyampaian materi Dr. Tri Cahyanto, M.Si terkait keilmuan biologi mengenai Etnobotani dan Kajian Kearifan lokal flora. Materi yang disampaikan meliputi ruang lingkup ilmu Etnobotani dan contoh dalam kehidupan di sekitar. Selain itu, dalam penjelasan pemateri mahasiswa diarahkan untuk dapat mengembangkan keilmuan ini dalam bentuk penelitian skripsi karena masih banyak contoh yang ada dilingkungan sekitar yang perlu di kaji. Dalam kesempatan ini, mahasiswa juga diarahkan untuk berdiskusi terkait etnobotani di sekitar tempat tinggalnya masing-masing untuk memperluas pengetahuan etnobotani terkait kearifan lokal.

Materi terakhir dari kegiatan KKL ini disampaikan oleh Tim Pudak Scientific (M. Ikhsan Pahlawan, S.Pd.). Tim Pudak Scientific memberikan penjelasan secara detail kegunaan dan fungsi setiap ruang dan peralatan pada laboratorium IPA. Selai itu menjelaskan terkait aplikasi pembelajaran jarak jauh. Mahasiswa mendapatkan penjelasan terkait beberapa aplikasi pembelajaran jarak jauh antara lain zoom meeting, quizizz. Setelah penjabaran materi oleh pemateri mahasiswa diberikan tugas pembuatan RPP dan percobaan langsung dalam pengaplikasian quizizz. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Sinergi Program Penelitian dan Pendidikan, UIN RaFa Gelar MoU dengan Pertamina

Palembang, Detik Sumsel- PT Pertamina persero mengadakan penandatanganan MoU dengan UIN Raden Fatah Palembang bertempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *