Kuota SNMPTN Turun, Unsri Minta Sekolah Permudah Siswa Mendaftar

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel- Tahun ini, kuota SNMPTN 2019 se Indonesia termasuk Universitas Sriwijaya (Unsri) menurun dari sebelumnya yakni 30 persen menjadi 20 persen.

Rektor Unsri Prof Dr Ir Anis Saggaf MSCE menjelaskan, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru secara nasional diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) PTN. Hal ini dilakukan untuk memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

“Oleh karena itu, ada sedikit perubahan dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini, salah satunya penyelenggaran dilakukan oleh lembaga independen (LTMPT). Untuk kuota juga alami perubahan, kuota SNMPTN sebelumnya minimal 30 persen menjadi 20 persen, SBMPTN minimal 40% dan Seleksi Mandiri PTN maksimal 30%,” kata dia dalam keterangan pers di Gedung KPA Unsri Bukit Besar, Rabu (16/1).

Baca Juga :   10 Kilogram Lebih Sabu - sabu Ungkap Kasus Ditresnarkoba Polda Sumsel Dimusnahkan 

Adapun jadwal SNMPTN 2019 dimulai dari Pengisian dan Verifikasi PDSS dari tanggal 4– 25 Januari 2019, Pendaftaran SNMPTN 4 – 14 Februari 2019 dan Pengumuman Hasil Seleksi akan dilakukan pada 23 Maret 2019.

“Saya berharap sekolah memberikan kemudahan kepada siswa untuk mendaftarkan ke SNMPTN maupun bidikmisi,” harapnya.

Sementara itu, Humas Unsri Prof Zulkifli Dahlan MSi DEA menambahkan, pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT. Siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah.

Baca Juga :   Selama 4 Tahun Kepemimpinannya, Walikota Akui Telah Membangun 193 KM Jalan di Pagar Alam

“Untuk akreditasi A 40 % terbaik di sekolahnya, akreditasi B 25 % terbaik di sekolahnya, akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya,” pungkasnya.(tet)

Iklan Detik Sumsel

Komentar