Lahat Bakal Punya Rumah Sakit Baru | Detik Sumsel
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH meletekkan batu pertama pembangunan RS Pratama, Foto Istimewa

Lahat Bakal Punya Rumah Sakit Baru

Lahat, Detik Sumsel – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama tipe D di Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat, resmi dimulai. Dimulainya pembangunan RS Pratama ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Lahat, Cik Ujang SH, sembari mengharapkan menjadi jawaban terhadap terbatasnya pusat kesehatan yang ada di Kabupaten Lahat pada saat ini.

Bupati Lahat mengatakan, saat ini Pemkab Lahat baru memiliki satu rumah sakit umum daerah (RSUD) type C dan 33 puskesmas. RS Pratama ini menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang memiliki peran strategis, dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terutama masyarakat yang tidak mampu, serta masyarakat yang berada di daerah sulit dijangkau akibat kondisi geografis.

“RS Pratama ini RS Umum yang menyediakan pelayanan perawatan dan pengobatan bagi masyarakat. Berupa pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, serta pelayanan penunjang lainnya,” kata Bupati Lahat, Senin (30/8).

Bupati Lahat menambahkan, keberadaaan RS Pratama ini merupakan program kerja Pemkab Lahat, dalam menjamin akses kesehatan masyarakat terutama masyarakat miskin. Pembangunan RS Pratama ini diharapkan, bisa meringankan beban masyarakat miskin yang tidak mampu berobat di RSUD Lahat karena jarak tempuhnya. Semoga kedepan RS Pratama mampu melayani dan meningkatkan kesehatan masyarakat yang membutuhkan.

“Jadi masyarakat Kecamatan Tanjung Tebat dan sekitarnya, nanti tidak perlu lagi jauh-jauh harus ke RSUD Lahat. RS Pratama ini dibangun untuk peningkatan akses dalam pelayanan masyarakat kesehatan kepada seluruh masyarakat,” terang Bupati Lahat.

Bupati Lahat juga berpesan, kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Tebat bisa membantu pembangunan RS Pratama ini, menjaga dan mengawasi rumas sakit agar tetap baik dan terawat.

“Kepada masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan RS Pratama ini, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar besarnya. Semoga Allah SWT melimpahkan pahala dan barokah-nya,” sampai Bupati Lahat. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

HUT Kedua, IKA SMEADUGA Bagikan 1000 Masker dan Santuni Anak Yatim

Palembang, Detik Sumsel — Ikatan Keluarga Alumni memperingati dua tahun berdirinya SMEADUGA Palembang dengan kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *