Lahat Zona Merah, PPKM Mikro Diperketat | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH, foto istimewa.

Lahat Zona Merah, PPKM Mikro Diperketat

Lahat, Detik Sumsel – Kabupaten Lahat saat ini ditetapkan sebagai kawasan dengan resiko tinggi penyebaran Covid-19, alias zona merah. Update Covid-19 Kabupaten Lahat, Kamis (8/7) menunjukkan, jumlah warga Lahat yang tengah proses positif mencapai 184 orang, suspek ODP/PDP 4 orang, kontak erat 302 orang dan probable 23 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra SKM MKes melalui Kabid P2P Aiwa Marlina SKM MM mengungkapkan, Kabupaten Lahat berada di zona merah bukan hanya dilihat dari melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 saja, juga karena faktor Epidemiologi, Surveilans serta Pelayanan Kesehatan.

“Ya Lahat zona merah. Sudah dari tiga pekan terakhir terus melonjak naik,” ujar Aiwa Marlina, Jumat (9/7).

Baca Juga :   Dodi Reza Bantu Alat dan Kostum Drumband MA Raudhatun Nasihin 

Saat ini terpantau bukan hanya masyarakat, pekerja tambang, ASN saja yang terserang Covid-19, bahkan puluhan pegawai dan atap RSUD Lahat ikut terkonfirmasi positif. RSUD Lahat bahkan saat ini sudah tidak mampu lagi menampung pasien Covid-19.

Untuk mengantisipasi kian melonjaknya pasien Covid-19, Bupati Lahat, Cik Ujang SH telah memutuskan memberlakuan PPKM Mikro yang diperketat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang. Hanya saja, pemberlakuan tersebut hanya untuk di daerah yang tercatat masuk zona merah. Yakni Kelurahan Bandar Jaya, Pasar lama dan Desa Selawi.

“Kepada masyarakat Lahat, tidak henti saya mengajak untuk sama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan. Untuk saat ini kurangi aktifitas, hindari berkerumun,” pinta Bupati Lahat.

Baca Juga :   Advokat PPKHI Dukung Perjuangan Masyarakat Adat Desa Remban Perjuangkan Hak Ulayatnya

Saat ini beberapa kegiatan dilakukan pembatasan mulai dari 100 persen WFH di sektor non esensial, 50 persen WFH di sektor esensial, aktivitas belajar mengajar secara online, rumah makan hanya boleh take away, pusat perbelanjaan atau mall tutup, seluruh tempat ibadah tutup, resepsi pernikahan dihadiri maksimal 30 orang, kapasitas pasar/supermarket 50 persen dan kapasitas transportasi umum 70 persen.

“Ya Satgas Covid-19 Kabupaten Lahat akan terus bergerak mengajak masyarak ini mematuhi ketentuan yg ditetapkan. Kita berharap angka pasien Covid-19 segera menurun,” samai Sekretaris Satgas Covid-19, Drs H Ali Afandi MPdi. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tega Bayi Malang Ini Dibuang ke Bak Sampah

Palembang, Detik Sumsel — Sesosok mayat bayi perempuan ditemukan di samping bak pembuangan sampah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *