Lakukan Kajian Materi Mulok Bahasa Palembang | Detik Sumsel
Detik
Kembali diadakan pertemuan di ruang rapat Kepala Dinas lantai 2 dengan agenda pengkajian materi muatan lokal bahasa Palembang jenjang SD dan SMP, Jum’at 26 November 2021.

Lakukan Kajian Materi Mulok Bahasa Palembang

Palembang, Detik Sumsel- Menindaklanjuti pertemuan antara pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang 16 November 2021 lalu, Kembali diadakan pertemuan di ruang rapat Kepala Dinas lantai 2 dengan agenda pengkajian materi muatan lokal bahasa Palembang jenjang SD dan SMP, Jum’at 26 November 2021.

Hadir pada pertemuan tersebut Kasi Pembinaan Guru Sekolah Dasar, Bapak Zulkarnain, M.Pd., bersama Kasi Kurikulum SMP, Drs. Maju P. Simanjuntak, M.Si, dan Kasi Kurikulum SD, Syarifuddin, S.Pd., M.M
Zuhdiyah selaku ketua Tim Mulok sekaligus dekan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang mempresentasikan draft awal kurikulum muatal lokal bahasa Palebang jenjang SD dan SMP, sekaligus memperkenalkan struktur materi muatan local bahasa Palembang kelas 4,5 dan 6 SD juga kelas 7, 8, 9 SMP. Pertemuan dilanjutkan dengan mendengarkan masukan dari korwas dan pengawas SD SMP Kota Palembang. Secara umum, semua pengawas yang hadir menyatakan dukungan terhadap tim dan memberikan apresiasi atas kerja yang sudah dilakukan tim mulok.

Beberapa masukan juga disampaikan Yustinawati terkait dengan regulasi kurikulum muatan lokal agar disesuaikan dengan peraturan terbaru yakni Permendikbud 35 Tahun 2018 Kurikulum 2013 SMP/MTs, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Senada dengan ibu Yustina, Ibu Hermawati dan Ibu Dian juga menyampaikan masukan untuk menambahkan regulasi baru terkait kurikulum, juga memberikan saran masukan terkait struktur buku muatan lokal bahasa Palembang dengan memperhatikan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sebelum mengakhiri pertemuan, bapak Zulkarnain menyampaikan perlunya intensitas pertemuan agar muatan lokal bahasa Palembang benar-benar terwujud, langkah yang akan ditempuh adalah malakukan MoU antara Dinas Pendidikan Kota Palembang dan UIN Raden Fatah Palembang, membentuk tim kurikulum yang merupakan gabungan dari Tim Dinas Pendidikan Kota Palembang dan Tim UIN Raden Fatah Palembang, menguatkan tim bahan ajar mulok bahasa Palembang, mengusulkan kepada walikota Palembang agar mulok bahasa Palembang dituangkan dalam Perda, melakukan bedah buku, memberikan Latihan bagi guru yang akan mengajarkan mulok bahasa Palembang dan launcing mulok bebaso Palembang oleh walikota Palembang.

Di akhir pertemuan, semua peserta rapat yang hadir berfoto bersama. Ada pun tim dinas Pendidikan kota Palembang lainya yang hadir adalah bapak Husrin Sami’un, S.Pd.,MM, Yustinawati, M.Pd., Yusfardiyah, M.Pd., Dra. Rendi Lela Kusuma, M.Si., Dian Ekasari, S,Pd., Dra. Nurmaherawati, MM., Dra. Siti Rofe’ah, M.Si., Pujiati, S.Pd. M.Si., Drs. H. Jama’i Koim., Drs. H. Syaiful Anwar. Sedangkan dari tim UIN Raden Fatah Palembang adalah Dr. Zuhdiyah, M.Ag. Choirunniswah, M.Ag, Dr. Fitri Ovianti, M.Ag., Kemas Muhammad, MA, Drs. Edi Arfa’I, MM, Indah Nurisa, A.Md, Rabbul Izzatin, S.Sos.I, MM. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kemenag RI dan UIN RaFa Luncurkan Terjemahan Alquran Bahasa Palembang

Palembang, Detik Sumsel- Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Balitbang Diklat Kementerian Agama Republik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *