Lanal Palembang Ajari Warga Kampung Bahari Budidaya Tanaman Hidroponik | Detik Sumsel
Pemprov
Sertu (Purn) Rudi Harsam memberikan pelatihan budidaya tanaman dengan metode hidroponik kepada ibu ibu warga sekitar rumah pintar kampung bahari nusantara

Lanal Palembang Ajari Warga Kampung Bahari Budidaya Tanaman Hidroponik

Palembang, Detik Sumsel — Lanal Palembang memberikan pelatihan budidaya tanaman dengan metode hidroponik kepada ibu – ibu warga disekitar rumah pintar Kampung Bahari binaan Lanal Palembang Selasa (14/9/2021). Dalam pelatihan ini Lanal Palembang mendatangkan instruktur Sertu (purn) Rudi Harsam sebagai pelatih.

Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari mengatakan kampung bahari binaan Lanal Palembang yang ada di Jakabaring terdapat beberapa klaster salah satunya klaster ekonomi. Untuk klaster ekonomi ini Lanal Palembang memberdayakan warga sekitar kampung bahari dengan berbagai usaha salah usaha budidaya ternak bebek dan ternak lele.

“Sekarang ini kami mendatangkan instruktur untuk budidaya tanaman dengan metode hidroponik melalui Sertu (purn) Rudi Harsam. Rudi Harsam ini adalah pencetus kampung sayur Cempaka yang sudah menyita perhatian ibu Wakil Walikota,”ujarnya.

Sertu (purn) Rudi Harsam mengatakan sebagian masyarakat masih menganggap menanam tanaman sayur dengan hidroponik sulit, namun setelah dipelajari hidroponik itu ternyata lebih gampang karena sangat diminati karena higienis.

“Tanaman hidroponik ini lebih bersih karena tidak menggunakan pupuk pestisida, perawatannya sangat muda hanya memberikan nutrisi,”katanya kepada wartawan.

Untuk para pemula, kata Rudi hal yang pertama harus diperhatikan adalah pembibitan. Dalam pembibitan istri dari Rudi Harsam sendiri yang akan mempraktekkan langsung dihadapan ibu – ibu disekitar rumah pintar.

“Dengan menggunakan drokbol, bagaimana cara memasukkan bibit tanaman, bagaimana memasukan drokbol langsung ke nesbrol dan bagaimana pemeliharaan bibit harus ditempatkan ditempat yang gelap. Setelah ada dua atau tiga daun yang tumbuh baru akan dipindahkan ke media paralon,”bebernya.

Dikatakan Rudi, ia sebagai instruktur budidaya tanaman hidroponik akan melakukan pendampingan kepada warga sekitar rumah pintar kampung Bahari sampai warga sudah bisa mandiri minimal dua atau tiga kali pertemuan.

“Dari sisi ekonomi menanam sayuran dengan metode hidroponik ini sangat menguntungkan jika dilakukan secara serius. Apalagi dikampung bahari ini sangat dengan pasar Induk Jakabaring jadi sayuran hasil tanaman bisa dipasarkan langsung. Komandan Lanal Palembang sendiri mungkin punya cara pemasaran bisa bekerja sama dengan BUMN untuk memasarkan sayuran hasil tanaman hidroponik melalui online,”tandasnya.

Dalam pelatihan budidaya tanaman dengan metode hidroponik di khususkan untuk tanaman sayur mayur yang memiliki nilai ekonomis.

Sementara itu, Asih ketua RT 12 Kampung Bahari mengaku warga sangat antusias untuk mengikuti pelatihan budidaya tanaman dengan metode hidroponik ini. Sekitar 10 orang ibu rumah tangga disini siap mengikuti pelatihan.

“Kita berharap dengan pelatih ini ibu ibu bisa berhasil membudidayakan tanaman khusus nya sayuran dan bisa menopang perekonomian warga,”katanya.(oji).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hidupkan Sunnah Memanah, Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Gelar Archery Tournament

Palembang, Detik Sumsel — Pesantren Tahfidz Kiai Marogan menggelar Marogan Archery Tournament Sumatera Open Ground …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *