Lanal Palembang Gagalkan 20 Ribu Baby Lobster Yang Akan Diseludupkan | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Baby Lobster Yang berhasil diamankan anggota Lanal Palembang

Lanal Palembang Gagalkan 20 Ribu Baby Lobster Yang Akan Diseludupkan

Palembang, Detik Sumsel — Sebanyak 20 ribu baby lobster diduga akan diselundupkan digagalkan anggota Pangkalan TNI AL (Lanal) Palembang di perairan Jambi.

“20 ribu bibit baby lobster ini diamankan oleh petugas pos pantau di Nipah Pajang di perairan Jambi,” ujar Komandan Lanal Palembang, Letkol Laut Saryanto Rabu (16/4).

Total baby lobster kalau diuangkan sekitar Rp 3,5 miliar ini, ditangkap di alur Sungai Lokan, Tajung Jabung Timur, Jambi Senin (15/4) Pukul 22.30 WIB saat anggota tim F1QR Pos Pantau Nipah dan tim intel Lanal Palembang sedang patroli.

“Anggota saat lagi patroli mendeteksi secara visual dan telihat ada speed boat 40 PK yang melintas. Lalu dilakukan pengecekan di speed boat yang diduga tengah mengangkut barang ilegal,”kata Saryanto.

Lanjutnya, setelah diperiksa, anggota gabungan mendapati 10 box strofoam yang berisi bibit baby lobster. Satu box strofoam ini beisikan 10 kantong plastik yang jumlahnya seluruhnya 20 ribu baby lobster.

“Untuk pemilik dari baby lobster ini berhasil melarikan diri dengan 2 speed boat. Satu speed boat dipakai untuk kabur dan satu berisi baby lobster yang berhasil kita diamankan,”bebernya.

Setelah diperiksa dan dipastikan tidak ada izinnya, barang bukti baby lobster ini dibawa ke Pos Nipah Panjang dan selanjutnya akan diserahkan ke Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu, Jambi.

“Terdapat dua jenis baby lobster. Pertama jenisnya mutiara berjumlah 10 ribu ekor dan jenis lobster pasir 10 ribu ekor. Jika ditotalkan nilainya Rp 3,5 miliar dan akan dikirim ke luar negeri,”pungkasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Safari Berburu Bantu Petani Berantas Hama Babi Hutan

Lahat, Detik Sumsel – Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *