Lantik 5 Kades di Kecamatan Rambang Kuang, Ini Pesan Bupati Ogan Ilir

Iklan detik Sumsel

Indralaya, Detiksumsel.com –  Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar, melantik Kades terpilih periode 2022-2028 di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Pada tahap ke Lima ini, pelantikan dilakukan untuk lima Kades terpilih di wilayah Kecamatan Rambang Kuang bertempat di lapangan Desa Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (6/12/2022).

Adapun 5 Kades yang dilantik Irwandi Kades Sunur, Aria Prima Kades Tambang Rambang, Jamil Kades Tanjung Bulan, Sakban Kades Suka Nanti dan  Sopian Halik Kades  Tangai.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Panca berpesan, kepada seluruh Kades terpilih supaya tidak tebang pilih kepada masyarakat.

Terlebih, kepada masyarakat yang bukan menjadi pendukung saat Pilkades serentak lalu.

“Selain bersinergi dengan pemkab OI dalam melakukan pelayanan dasar kepada masyarakat. Saya juga mengingatkan agar Kades terpilih berhati-hati dalam mengelola dana desa,” ungkap Panca, Selasa (6/12/2022).

Bukan tanpa sebab pasalnya telah banyak kepala desa di Indonesia yang terjerat hukum akibat salah dalam pengelolaan anggaran dana desa tersebut.

“Banyak kepala desa yang baik yang kemudian harus berurusan dengan hukum karena ketidak tahuanya dalam mekanisme pengelolaan anggaran dana desa,” ucapnya

Lanjutnya, apabila ragu atau tidak tahu, dirinya menyarankan agar jangan ragu dan sungkan untuk bertanya kepada camat juga dinas PMD juga berkonsultasi kepada Jejari Ogan Ilir.

“Karena dalam pengelolaan dana desa ada mekanisme yang harus kita lakukan,” ungkapnya.

Sebagai upaya keseriusan bupati agar para kades di Ogan Ilir tidak terjerat pidana dalam pengelolaan anggaran dana desa.

Baru-baru ini pemkab Ogan Ilir telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Kades yang tidak mengikuti Pilkades pada 15 Oktober lalu.

“Selanjutnya setelah pelantikan ini, kita juga akan kembali mengadakan bimtek untuk 172 kades terpilih yang telah dilantik. Dan nanti kita mintakan arahan pak Kejari dalam penggunanan anggaran dana desa,” terangnya.

Selain itu, bupati mengatakan tujuan dirinya melaksanakan pelantikan di masing-masing desa  bagi Kades terpilih, selain dapat mendengar aspirasi langsung dari masyarakat desa setempat juga untuk melihat potrnsi dan kondisi setiap desa yang dilajukan pelantikan.

“Makanya akan kita lewati, kalau ada jalan tidak baik, kalau bupatinya lihat tentunya akan kita perbaiki,” tungkasnya. (AL)

Komentar