Lapangan Tembak dan Dapur Nyonyah Lapas Kelas IIB Kayuagung Diresmikan | Detik Sumsel
Pemprov
Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko meresmikan Dapur Nyonyah dan Lapangan Tembak di Lapas Kelas IIB Kayuagung, Sabtu (28/8/2021)

Lapangan Tembak dan Dapur Nyonyah Lapas Kelas IIB Kayuagung Diresmikan 

Kayuagung, Detik Sumsel-Guna mendukung sekaligus pembinaan kemampuan personil yang rentan terhadap gangguan keamanan, “Lapangan Tembak dan Dapur Nyonyah” Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Kayuagung diresmikan.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan balon dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel Indro Purwoko, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Dadi Mulyadi, Kepala Lapas Kelas IIB Kayuagung Reza Mediansyah dan tamu undangan lainnya, di lapas setempat, Sabtu (28/8/2021).

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko mengatakan keberadaan lapangan tembak lapas ini pertama di Sumsel, mengingat Kepala Lapas sangat responsif terkait dengan pembinaan pengembangan kemampuan tenaga personil ini rentan dengan gangguan.

“Nah, dari lapangan tembak inilah nanti bisa menghasilkan output pegawai Lapas yang andal,” terangnya.

Agar senjata api (senpi) tidak disalahgunakan oleh pegawai Lapas, masih kata dia, maka senpi ini hanya diberikan saat latihan dan dalam keadaan darurat.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penjaringan pegawai Lapas tiga terbaik yang akan dikirim mengikuti kompetisi menembak tingkat pusat dalam HUT Dharma Karya Dika, mewakili Kanwil Kemenkumham Sumsel.

“Harapan saya kedepan lapangan tembak ini tidak hanya digunakan untuk latihan menembak para pegawai Lapas saja, tapi juga masyarakat bekerjasama dengan Perbakin OKI, Polres serta Kodim 0402/OKI,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Kayuagung Reza Mediansyah menambahkan pendanaan Lapangan Tembak maupun Dapur Nyonyah bersumber dari daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun 2021.

Reza berharap lapangan tempat ini bisa dimanfaatkan pegawai untuk berlatih, menambah keahlian menembak.

Sementara untuk Dapur Nyonyah dikembangkan oleh para ibu-ibu Dharma Wanita Lapas menghasilkan produk roti, ayam geprek dan es tebu.

“Nantinya produk hasil karya ibu Dharma Wanita Lapas ini akan dijual ke dalam maupun luar lapas,” ujarnya.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ops Patuh Musi 2021, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes 

Baturaja, Detik Sumsel – Selama dua pekan kedepan Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *