Latma Garuda Shield Ke-15 Dibuka Langsung Kasad dan Commanding General USARPAC | Detik Sumsel
Pemprov
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) , Jenderal TNI Andika Perkasa dan _Commanding General USARPAC_ General Charles A. Flynn saat menjadi irup pembukaan Latma Garuda Shield di Puslatpur Baturaja

Latma Garuda Shield Ke-15 Dibuka Langsung Kasad dan Commanding General USARPAC 

Baturaja, Detik Sumsel – TNI Angkatan Darat memggelar latihan bersama (latma) dengan tentara angkatan darat Amerika Serikat (US Army) dengan sandi Garuda Shield Ke-15 tahun 2021 yang digelar di Puslatpur TNI AD Martapura-Baturaja, Sumatera Selatan, Rabu (4/8).

Kegiatan yang digelar hingga tanggal 14 Agustus ini dibuka secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) , Jenderal TNI Andika Perkasa dan _Commanding General USARPAC_ General Charles A. Flynn yang menjadi inspektur pada upacara pembukaan Latma Garuda Shield ke-15 Tahun 2021.

Latihan terbesar sepanjang sejarah kerjasama militer Indonesia dan Amerika Serikat ini, diselenggarakan mulai tanggal 1 sampai dengan 14 Agustus 2021 di tiga tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, Daerah Latihan Amborawang di Balikpapan dan Makalisung di Manado.

Adapun materi yang dilatihkan  meliputi _Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex)_ serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu _Joint Combined Exchange Training (JCET)_, dan _Garuda Airborne.

Jenderal TNI Andika Perkasa dan Jenderal Charles A. Flynn berharap, melalui latihan yang melibatkan 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 _US Army_ ini, bukan saja meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, namun juga dapat meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD dan _US Army_.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal Andika menekankan bahwa ini adalah latihan terbesar dan merupakan pengalaman pertama terjun lintas negara yang tidak pernah dialami generasi sebelumnya.

“Bagi generasi muda yg tergabung dalam latihan ini,  semoga melalui Garuda Shield akan membentuk prajurit-prajurit calon pemimpin TNI AD di masa depan yg profesional dan bertaraf internasional™️, pungkas Jenderal Bintang Empat ini.

Sementara itu,  General Flynn mengatakan latihan ini merupakan simbol dari tujuan yg lebih besar dari kerja sama militer Indonesia dan Amerika di masa depan. Selain itu, General Flynn menyampaikan, bahwa dirinya sangat terkesan dengan profesionalisme prajurit TNI AD, dan sangat berterima kasih atas keramahan yg ditunjukkan.

Upacara Pembukaan Latma _Garuda Shield_ ini,  dihadiri oleh Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpuspomad, Asintel Kasad, Pangdam II/Swj, Waasops Panglima TNI, Waasops Kasau, Waasops Kasal, Danjen Kopassus, para Danpussen Kodiklatad, Pangdivif-1 Kostrad, para Danbrigif jajaran Divif-1 dan Kodam,  para Danyonif jajaran Kodam II/Swj dan Kodam III/Slw,  serta Deputi IV Bidkoorhanneng, Asdep 4/IV Kuatpuan dan Kemhan, dan Kabid Kemhan Kemenkopolhukam RI, Dirjen Pothan, Dirjen Kuathan dan Kabagdiklat Kemhan RI, Dilla.P mewakili Menparekraf serta H. Lanosin Bupati Oku Timur. (fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Keluarga Peserta Test CPNS Bisa Saksikan Score Test via Streaming Youtube 

Baturaja, Detik Sumsel – BKPSDM OKU menyiapkan link streaming youtube khusus yang diperuntukan bagi masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *