Lawan Petugas, DPO Kasus Curas Dihadiahi Timah Panas | Detik Sumsel
BNI"
Lawan Petugas, DPO Kasus Curas Dihadiahi Timah Panas
Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIK, saat melakukan jumpa pers dengan wartawan.

Lawan Petugas, DPO Kasus Curas Dihadiahi Timah Panas

Sekayu, Detik Sumsel – Sempat menjadi buronan selama 4 bulan, akhirnya satu tersangka kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) berhasil dilumpuhkan oleh jajaran kepolisian Polsek Sanga Desa dibantu dengan tim srigala Polres Muba, Jumat (17/1) sekitar pukul 00.15 WIB. Tersangka Sudirman bin Yusuf (46) terpaksa dihadiahi dengan timah panas, pada kaki kanannya, karena mencoba melawan petugas menggunakan pecahan botol kaca ketika akan dilakukan penangkapan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penangkapan yang dilakukan aparat kepolisian setelah aparat kepolisian dari menerima informasi mengenai keberadaan tersangka yang sering pulang ke rumah pada saat malam hari. Mendapatkan informasi tersebut tim yang terdiri dari Mapolsek Sanga Desa dan Buser Polres Muba langsung bergerak cepat melakukan penangkapan terhadap tersangka.

Sesampaina tim kelokasi dan mengetuk pintu rumah tidak ada sahutan dari dalam rumah, tim yang sudah mengepung rumah tersebut langsung mendobrak rumah tersangka dari belakang dan mendapati tersangka mencoba melarikan diri dari atap rumah. Ketika dilakukan penangkapan tersangka mencoba melakukan perlawanan dengan memecahkan botol kaca, pihak kepolisian memberikan tembakkan peringatan namun tersangka tetap melawan sehingga aparat kepolisian memeberikan tembakkan tegas dan terukur pada kaki sebelah kanan.

Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIK, melalui Kapolsek Sanga Desa IPTU Suventri, mengatakan setelah satu tersangka atas nama Hengki Gunawan (20) warga Dusun II Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa diamankan terlebih dahulu. Pihaknya kembali mengamankan satu tersangka lagi atas nama Sudirman bin Yusuf warga Dusun 1 Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa.

“Tersangka Sudirman kita amankan karena terlibat kasus curas atas korban Untung Suropati pada 16 Oktober 2019 lalu. Tersangka kita amankan setelah tim mendapatkan informasi karena ia pulang kerumah, karena mencoba melawan anggota dengan menggunakan pecahan botol tersangka terpaksa kita lumpuhkan,”kata Yudhi, Rabu (22/1).

Lanjutnya, tersangka merupak residivis dan pihaknya masih melakukan tindak lanjut dan pendalaman soal itu. Sedangkan satu tersangka lagi yang masih menjadi DPO untuk seger menyerahkan diri. “Kita mengimbau satu tersangka berinisial W untuk menyerahkan diri. Jika tidak kita akan mengambil tindakan tegas dan terukut. Tersangka kita jerat dengan Pasal 365 KUHP Ayat (1), Ayat (2), ke-2, ke-4 KUHP,”ungkapnya.

Sementara, Tersangka Sudirman yang merupakan otak dari curas tersebut mengakui semua perbuatan yang dilakukan. Ia menyasar mobil yang lewat dan saat itu korban melintasi jalan tersebut, sedangkan tugasnya berfungsi sebagai pemberhenti mobil dan pembawa senjata tajam.

“Saya berperan sebagai tugas stop mobil, awalnya tanya alamat baru saya ancam dia menggunakan sajam. Usai dapat barang kami langsung kabur ke hutan, baru hasilnya bagi-bagi,”ujarnya.

Perlu diketahui, kejadian curas itu terjadi diijalan PT. PIP Desa Keban I Kecamatan Sanga Desa Muba. Korban yang melintas menggunakan kendaraan roda empat jenis Mitsubishi L300 Pick up miliknya, tiba-tiba diberhentikan mendadak oleh tiga orang yang tidak dikenal dengan berpura-pura menanyakan rumah rekan dari salah satu tersangka.

Kemudian salah satu tersangka langsung memegang leher korban sambil menodongkan senjata api laras pendek dan memukul kepala sebelah kanan korban dengan gagang senpi lalu manariknya keluar dari mobil untuk dibawah kekebun sawit.

Sehingga korban yang berusaha berontak untuk melepaskan diri terkena sabetan senjata tajam milik tersangka dan mengenai bagian Dada sebelah kanan, lalu korban ditinggalkan begitu saja oleh ketiga tersangka dengan membawa lari mobil korban. Akhirnya dalam kondisi terluka, korban pun meminta pertolongan warga setempat untuk melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polsek Sanga Desa. (edy)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

106 Tersangka Narkoba Ditangkap dalam Operasi Antik Musi 2021 di Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel dan jajaran berhasil menangkap 106 lebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *