LBS di Lahat Bertambah 131,64 Hektar | Detik Sumsel
Detik
Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan Lahan dan Irigasi, Muhaimin SE MM, foto istimewa.

LBS di Lahat Bertambah 131,64 Hektar

Lahat, Detik Sumsel – Luas Baku Sawah (LBS) di Kabupaten Lahat pada tahun 2021 lalu, bertambah seluas 131.64 hektar. Jumlah tersebut berdasarkan pengukuran dengan cara pengambilan titik koordinat di lokasi dengan aplikasi Apenza Map, oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, Kabupaten Lahat, Eti Listina SP MM, melalui Kabid Sarana Prasarana Pertanian, Alfatah Dwi Putra Spt, disampaikan Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan Lahan dan Irigasi, Muhaimin SE MM mengatakan, tahun 2020 LBS di Kabupaten Lahat berkisar 12.647 hektar, dengan adanya penambahan menjadi 12.779 hektar.

“Bertambah 131.64 hektar, berdasarkan pengukuran dengan cara pengambilan titik kordinat di lokasi yang belum berwarna hijau di aplikasi Apenza Map,” kata Muhaimin, Senin (3/1). Pada aplikasi Apenza Map terlihat lahan sawah belum berwarna hijau, kemudian diambil titik koordinatnya, baru dikirim ke tim Pokja LBS Provinsi Sumsel, kemudian diolah menggunakan aplikasi ArcGIS, dapatlah luasan tersebut.

Muhaimin membeberkan, data tersebut versi tim Pokja LBS dari Kabupaten Lahat. Tim Pokja terdiri dari asisten II, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, Bappeda, PUPR, BPS dan BPN. Penambahan LBS terjadi di Kecamatan Kikim Barat, Kikim Selatan, Kikim Tengah, Kikim Timur, Kota Agung, Merapi Timur dan Tanjung Tebat.

“Mungkin ada sebagian masyarakat yang membuka lahan sawah baru, tapi sebagian besar belum terdata, karena lokasinya berada jauh dari hamparan lahan sawah yang luas,”sampainya.(heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Minggu Kedua Januari, Polda Sumsel Tangkap 56 Tersangka Pemain Narkoba

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres jajaran dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *