Lepas Bibit Ikan di Sungai Lematang Hanya Sia – sia | Detik Sumsel
BNI"
Wakil Bupati Lahat, Haryanto, saat bersama masyarakat. Foto Heru/DS

Lepas Bibit Ikan di Sungai Lematang Hanya Sia – sia

Lahat, Detik Sumsel — Kegiatan rutin Pemkab Lahat melepas bibit ikan di aliran Sungai Lematang, sejak beberapa tahun lalu, dirasa sia-sia. Terbukti dari ratusan ribu ekor berbagai jenis bibit ikan sudah dilepas, masyarakat Kabupaten Lahat belum dapat merasakan hasil dari kebiasaan “buang-buang” bibit ikan itu.

Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM MBA, bahkan mengingatkan, kebiasaan tersebut tidak perlu lagi dilakukan. Menurutnya, bibit ikan yang dilepas tersebut tidak dapat dinikmati masyarakat Kabupaten Lahat. Sebab, ikan pergi ke bagian hilir sungai, yang berada di wilayah kabupaten lain.

“Jangan lagi bibit ikan dilepas ke Sungai Lematang, itu sia-sia. Buktinya jarang masyarakat kita yang mancing, dapat ikan dari jenis yang dilepas,” tegas Haryanto, Minggu (13/11).

Untuk itu, Haryanto meminta Dinas Perikanan Kabupaten Lahat jika ada program bagi-bagi bibit, langsung saja bagikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat membudidayakan ikan tersebut, dan hasilnya bakal dirasakan oleh masyarakat.

“Bibit yang selama ini dilepas ke sungai, harusnya sudah beranak dan besar. Kebutuhan ikan masyarakat, mungkin saja sudah terpenuhi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, Deswan Irsyad mengakui, kebutuhan ikan Kabupaten Lahat masih bergantung dari hasil budidaya ikan dari Lubuk Linggau dan Bengkulu Selatan. Hal itu bisa saja dibenahi, sesuai dengan anggaran yang disiapkan.

“Kebutuhan ikan kita saat ini 2 ton perhari. Kita baru mampu penuhi 400 kilo, itupun baru dari jenis ikan lele. Ikan jenis lain, didatangkan dari Lubuk Linggau dan Bengkulu Selatan,” beber Deswan Irsyad. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PS Palembang Bertolak ke Prabumulih untuk Liga 3

Palembang, Detik Sumsel- Tim PS Palembang resmi bertolak ke Prabumulih petang ini. Tim dilepas langsung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *