Lepas KKN Kolaborasi, Prof. Nyayu Khodijah: Dorong Hilirisasi Riset untuk Kualitas Masyarakat | Detik Sumsel
Detik

Lepas KKN Kolaborasi, Prof. Nyayu Khodijah: Dorong Hilirisasi Riset untuk Kualitas Masyarakat

Palembang, Detik Sumsel– Hilirisasi riset perguruan tinggi adalah salahsatu mewujudkan perubahan di tengah masyarakat, dan mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) juga akan memberikan kontribusi besar terhadap perbaikan kualitas kehidupan masyarakat setempat.

Hal itu dikatakan Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si saat melepas peserta KKN kolaborasi UIN Raden Fatah dengan Univeritas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, yang berlangsung pada 18 Desember 2021 sampai 5 Februari 2022 mendatang.

“Mewakili civitas akademika UIN Raden Fatah dan UGM berharap kepada seluruh mahasiswa yang melaksanakan KKN dapat memberikan kontribusi yang nyata sesuai keilmuannya kepada masyarakat Sungsang,” harap, Prof. Nyayu Khodijah, Rektor UIN Raden Fatah.

Angkatan I (pertama) program KKN kolaborasi ini mengangkat tema “Moderasi Beragama, Pengembangan Budaya Islam Melayu, dan  Pengembangan Wisata Sungsang. Dan Program KKN Kolaboratif ini akan berlangsung secara berkelanjutan dalam rentang waktu 3 tahun ke depan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Raden Fatah Prof. Dr. Paisol Burlian, M. Hum mengatakan, apabila program KKN kolaborasi ini memberikan dampak yang cukup besar terhadap perubahan masyarakat di Kabupaten Banyuasin, maka akan program KKN ini akan berlanjut sampai 5 tahun di Sumatera Selatan.

“Mahasiswa KKN kolaborasi angkatan I ini ditempatkan di desa Sungsang 2 dan Sungsang 3 Kecamatan Banyuasin, yang terdiri dari 34 perwakilan mahasiswa UIN Raden Fatah dan 18 perwakilan mahasiswa UGM Yogyakarta,” ungkap Fatah Prof. Dr. Paisol Burlian.

Sementara itu, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH, MH saat serah terima mahasiswa KKN mengucapkan kepada pimpinan UIN Raden Fatah dan UGM Yogyakarta yang telah memilih daerah Sungsang sebagai lokasi pengabdiannya.

“Pemerintah Banyuasin akan mendukung penuh program-program yang diwacanakan oleh mahasiswa KKN yang akan memberikan dampak positif untuk kemajuan masyarakat. Dan saya berharap mahasiswa KKN dapat beradaptasi dengan baik terhadap kondisi alam, lingkungan keagamaan, sosial, dan kultur masyarakat Sungsang,” ujar Askolani.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Mahasiswa Stisipol Ramaikan Entrepreneurship Day

Palembang, Detik Sumsel -Aula Ismail Djalili di lantai 2 gedung STISIPOL tampak riuh layaknya pasar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *