Libur Nasional, Warga Diminta Tetap Dirumah Saja | Detik Sumsel
Pemprov
Ilustrasi Liburan (net)

Libur Nasional, Warga Diminta Tetap Dirumah Saja

Palembang, Detik Sumsel   – Moment hari libur Nasional 28 – 30 Oktober nanti bisa menyebabkan cluster baru penyebaran Virus corona bagi masyarakat yang menikmati libur panjang, dan ini sangat beresiko jika tidak mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini diungkapakan  Ahli Epidemiologi Sumsel, Iche Andriany Liberty Kamis (22/10/2020). saat dikonfirmasi.

“Diminta agar masyarakat tetap dirumah saja saat hari libur Nasional 28 – 30 Oktober nanti, khususnya masyarakat yang berisiko tinggi atau rentan terkena penyakit menular, Dalam momen libur panjang akhir pekan ini, sebaiknya jika berlibur di rumah saja. Tetapi, jika masyarakat ingin tetap berlibur di luar rumah, kita juga tidak bisa membendungnya,” katanya

Namun, apabila masyarakat tetap melakukan aktivitas wisata di luar rumah mesti memperhatikan beberapa hal. Yakni, harus memperhatikan kondisi kesehatan harus benar-benar sedang dalam keadaan sehat, dan menghindari berlibur di kawasan zona merah.

“Tempat wisata pun lebih disarankan yang bersifat luar ruangan seperti pantai, dan ketersediaan fasilitas cuci tangan pun harus ada di tempat wisata. Masyarakat yang akan berwisata wajib terapkan protokol kesehatan ketat,” jelasnya.

Selain pihak pengelola wisata, ujar Iche, kawasan rest area atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang biasa menjadi beristirahat saat wisatawan di perjalanan.

“Saya rasa juga perlu memperhatikan penerapan protokol kesehatan di dua tempat ini karen jadi tempat persinggahan,” ujarnya.

Selama di tempat wisata, masyarakat juga harus mampu mengontrol jalannya protokol kesehatan dengan tidak sungkan menegur atau mengingatkan para pengelola atau wisatawan lain ketika protokol kesehatan tidak dijalankan.

“Semua orang harus saling menjaga. Kita tidak tabu apakah kita yang sebenarnya pembawa Covid-19,” terangnya. (fir)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Bapenda Turun ke Jalan Sosialisasikan Pemutihan Pajak

Palembang, Detik Sumsel — Pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumsel turun kejalan melakukan sosialisasi terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *