Lift Jembatan Ampera Sudah Dipasang, Desember Mulai Uji Coba

Iklan detik Sumsel

Palembang,Detiksumsel.com — Pemasangan lift di Jembatan Ampera mulai dilakukan sejak Jumat (18/11/2022).

Satuan Kerja (Satker) Pekerjaan Jalan (PJN 3) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel Dicky Romansyah mengatakan, jembatan Ampera sebelumnya telah memiliki lift dengan bobot mencapai 4 ton. Lift yang lama tersebut menurut Dicky kini diganti yang baru dengan bobot lebih ringan.

“Pemasangan lift yang baru ini beratnya 3 ton, lebih ringan dibanding yang lama,”kata Dicky, Selasa (29/11/2022).

Menurutnya, lift yang dipasang tersebut hanya dapat mengangkut sebanyak empat orang. Lift tersebut nantinya dapat membawa orang ke bagian atas jembatan Ampera setinggi 50 meter dalam tempo waktu satu menit.

“Tahun ini lift yang dipasang di Ampera hanya satu unit. Sementara satu unit lagi akan dipasang tahun depan. Perbaikan jembatan Ampera masih akan dilanjutkan di tahun depan,” ujarnya.

Untuk pemasangan lift sendiri, membutuhkan waktu sekitar empat pekan. Lalu pada akhir Desember nanti akan dilakukan uji coba.

“Sejak dulu jembatan Ampera telah memiliki fasilitas lift. Namun, modelnya masih lama dengan penutup pintu dari terali besi. Lift yang lama tersebut diganti dengan lift baru,”jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Kerja (Satker) Pekerjaan Jalan (PJN 3) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pemasangan lift pegangkut orang di Jembatan Ampera akan dirampungkan pada akhir November 2022.

Lift pengangkut orang ini, nantinya akan digunakan bagi para wisatawan melihat ruang operator Jembatan Ampera serta melihat pemandangan Palembang dari atas bangunan jembatan. Anggaran untuk pemasangan lift ini menghabiskan dana mencapai Rp 3 miliar.

Komentar