Lima Program Baznas dan Cara Pengajuan

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Palembang yang merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah untuk menjembatani dalam menyalurkan bantuan masyarakat dengan tepat sasaran dimana zakat berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) kota Palembang, Jumat (11/11/2022).

Ketua BAZNAS Kota Palembang Kgs M Ridwan Nawawi, SPdI MM mengungkapkan lima program rutin Baznas yakni Palembang Peduli, Palembang Sehat, Palembang Pintar mencakup pendidikan seperti SPP sekolah yang menunggak dan seragam sekolah, Palembang Makmur yang peduli pada UKM (Usaha Kecil dan Menengah) seperti memberi bantuan modal dan Palembang Taqwa.

“Membantu tentang kesehatan misalnya warga sakit tidak menggunakan KIS (kartu Indonesian Sehat) sedangkan harus dirawat secepat mungkin, jadi biaya inila yang akan di bantu oleh Baznas dan akan kita buatkan KIS nya,” paparnya.

Dikatakan Ridwan untukPalembang Peduli (bedah rumah) yang menjadi syarat pengajuan yakni dengan melampirkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

“Dan surat menyurat tanah dan rumah tersebut atas nama nya sendiri atau milik yang bersangkutan,” ucapnya.

Kendati demikian, Ia menerangkan dalam program Palembang Sehat pengajuan dengan melampirkan KK, KTP, lampiran biaya dari Rumah Sakit, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan serta foto-foto saat yang bersangkutan sakit.

“Akan kita survey setelah di survey pasien dan RS kita ambil kebijakan dan kita koordinasikan lagi ke bendahara kita sesuai dengan RKAT (Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan),” ujarnya.

Sedangkan dalam Palembang Pintar pengajuan dnegan melampirkan identitas diri seperti KTP, KK apabila anak belum mempunyai KTP maka menggunakan KTP orang tua atau saudara yang bersangkutan

“Yang jelas anak tersebut terdaftar di KK dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan serta permasalahannya apa saja yang perlu di bantu dan akan kita survey,” tukasnya.

Komentar