LKPJ Bupati Dinilai Asal-Asalan, OPD Tidak Serius

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Muaraenim, Detik Sumsel- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muara Enim menggelar Rapat Paripurna ke-VI terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Muara Enim Tahun 2021, Rabu sore (06/04/2022) di Ruag Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muara Enim. Menariknya dalam Rapat kali ini anggota DPRD Muara Enim dari Fraksi Partai Demokrat Dwi Windarti melakukan intrupsi, dimana ia menilai asal jadi dan amburadul serta terkesan tidak serius dalam penyusunannya.

“Kepada pimpinan sidang yang terhormat, mohon izin berbicara. Saya melihat isi dokumen LKPJ tanun 2021, amburadul dan asal-asalan dan saya menilai para OPD tidak serius. Padahal dokumen ini akan dibawa ke Kemendagri untuk kita laporkan,” tegasnya dalam Paripurna istimewa tersebut.

Dijelaskan Dwi, bahwa pihaknya sudah berulangkali meminta kepada Bupati melalui OPD terkait untuk memberikan jawaban yang sistimatis, tepat dan masuk akal. Dimana juga ia memberikan salah satu contohnya masalah BPJS Kesehatan, karena masih banyak warga Muara Enim yang kurang puas dengan BPJS dalam layanan berobat yang diselenggarakan oleh Pemkab Muara Enim.

“Padahal, seluruh warga Kabupaten Muara Enim yang dibuktikan dengan KTP telah di cover seluruhnya melalui APBD Muara Enim menjadi peserta BPJS Kesehatan. Namun kenyataannya, masih banyak masyarakat kurang puas dan mengeluhkan layanan berobat gratis tersebut,” terangnya.

Senada disampaikan, anggota DPRD lainnya Munyati dari Fraksi PDI-P meminta agar secepatnya untuk dilakukan perbaikan LKPJ 2021 tersebut dan mengultimatum paling lambat satu minggu sudah selesai untuk perbaikan agar Alat Kelengkapan Dewan dapat mulai bekerja.

“Kami minta satu Minggu masa perbaikan harus sudah selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar menjawab intrupsi tersebut, bahwa pihaknya akan berupaya dan menyanggupi serta menyelesaikan perbaikan tersebut selama satu minggu sesuai keinginan dewan.

“Mengenai masih adanya kekurangan dalam LKPJ Tahun 2021 tersebut, tentu akan menjadi catatannya dan akan segera dilakukan perbaikan serta penyempurnaan,”katanya.

Terakhir, Pj Bupati meyakinkan para hadirin dan anggota DPRD Muara Enim bahwa ia telah bekerja maksimal dalam memimpin kabupaten Muara Enim selama ia menjadi Pj Bupati.

“Sebagai hamba Allah tentu saya ada kekurangan dan tidak sempurna. Namun yakinlah saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menahkodai Pemkab Muara Enim,”pungkasnya.

Terpantau, Rapat Paripurna ke – VI DPRD Kabupaten Muara Enim dalam Penyerahan Dokumen LKPJ Bupati Muara Enim Tahun 2021 tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki BSc didampingi unsur pimpinan DPRD Muara Enim, PJ Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar, para anggota DPRD Muara Enim, pejabat Muspika dan Muspida serta para undangan.

Komentar