Mahasiswa UIN RaFa Banjir Prestasi di Ajang OASE Nasional dan Porprov Sumsel | Detik Sumsel
Detik

Mahasiswa UIN RaFa Banjir Prestasi di Ajang OASE Nasional dan Porprov Sumsel

Palembang, Detik Sumsel- OASE merupakan bentuk transformasi dari kegiatan yang semula bernama Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang kemudian dikembangkan menjadi dua even, yaitu OASE dan Pekan Seni Olahraga Mahasiswa Nasional (PESONA). OASE I PTKI se-Indonesia Tahun 2021 dilaksanakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang mengkompetisikan beberapa bidang yaitu: 1) Bidang Sains yang terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi; 2) Bidang Karya Inovasi terdiri dari Literasi dan Inovasi Teknologi, Nano Teknologi dan Produk Kesehatan, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Iklim, Deteksi dan Mitigasi Bencana, Limbah dan Sumberdaya terbarukan, Sosial Keagamaan, Media Pembelajaran, Desain Arsitektur Islam, Astronomi/Ilmu Falaq, Robotik dan Programing serta Karya Tulis Ilmiah al-Quran; 3) Businnes Plan; 4) Debat Ilmiah yeng terdiri dari Bahasa Inggris, Arab dan Konstitusi; 5) Qirooatul Qutub; 6) Fahmil Quran; 7) Story Telling; dan 8) Da’i Mahasiswa.

Pelaksanaan seleksi OASE di UIN Raden Fatah ini dari tanggal 9 s.d. 14 Oktober 2021 yang sebelumnya membuka pendaftaran dari tanggal 1 s.d. 8 Oktober 2021. Sedangkan untuk pelaksanaan penyisihan secara Nasionalnya dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober s.d. 7 November 2021, dan Grand Finalnya dilaksanakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tanggal 25 s.d. 28 November 2021. Melalui tahapan yang sangat panjang dan melelahkan mahasiswa UIN Raden Fatah masuk ke grand final sebanyak 3 tim yaitu Deteksi dan Mitigasi Bencana yaitu Dike Mandala Putra (FUSHPI), Keni Al-Kairi (FAHUM) dan Nando Satria (FST), Media Pembelajaran yaitu Rendi Saputrama (FITK), Rismawati (FITK) dan Juljas Topi (FEBI), OSN Kimia yaitu Ayu Aulia Devi (FST), serta Fahmil Quran yaitu M. Al-Arobi (FITK), Khofawati Khoiriyyah (FUSHPI) dan Muhammad Rizqi (FSH).

Melalui kompetisi Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) bisa meningkatkan motivasi mahasiswa di bidang spiritual dan intelektual berdasarkan nilai keislaman yang diwijudkan dalam kemampuan analisis nalar dan menyelesaian masalah serta meningkatkan semangat soidaritas dan cinta ilmu pengetahuan berbasis riset dan karya-karya inovatif.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kemenag RI dan UIN RaFa Luncurkan Terjemahan Alquran Bahasa Palembang

Palembang, Detik Sumsel- Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Balitbang Diklat Kementerian Agama Republik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *