Malaria dan DBD Ancam Warga Lahat | Detik Sumsel
Pemprov
Ilustrasi

Malaria dan DBD Ancam Warga Lahat

Lahat, Detik Sumsel – Kondisi cuaca di Kabupaten Lahat akhir-akhir ini tidak menentu, terkadang panas terkadang hujan. Kondisi cuaca tersebut rupanya membuat beberapa penyakit berpotensi menyerang. Diantaranya penyakit Malaria dan Demam Berdarah Dengeu (DBD), yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

“Kita harus waspada dengan kedua penyakit itu. Malaria ditularkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina, sedangkan DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra SKM Mkes, melalui Kabid P2P Aiwa, Kamis (2/9).

Saat ini kasus yang tercatat, sudah ada tiga kasus malaria, kemudian DBD 17 kasus berdasarkan yang masuk di aplikasi palaporan per Juli 2021. Untuk pencegahan, masyarakat harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 3M mengubur, menguras, menabur larvasida genangan air. Selain itu bisa tidur pakai kelambu, hindari mengantung baju serta menjaga lingkungan tetap bersih.

“Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman anti nyamuk juga bisa diterapkan,”tambah Kasi Pengendalian Penyakit Menular, Deni Julianto.

Sementara, sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Drs HAli Afandi MPdi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Debby Anggraeny ST MT didampingi Kasi Pencegahan dan Pengurangan Resiko Ernita Fitriani SE MM mengatakan, meskipun kondisi cuaca tidak menentu, berdasarkan informasi dari BMKG saat ini masih berada pada musim kemarau.

“Sebenarnya masih musim kemarau, puncaknya bulan ini (Agustus), musim penghujan di bulan Desember itupun baru menyambut, kalau puncaknya kita belum tahu”sampainya.(heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ops Patuh Musi 2021, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes 

Baturaja, Detik Sumsel – Selama dua pekan kedepan Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *