Manfaat Punya Asuransi Mobil dan Tips Membeli yang Murah! | Detik Sumsel
Pemprov
Istimewa

Manfaat Punya Asuransi Mobil dan Tips Membeli yang Murah!

Detik Sumsel — Seperti halnya tubuh sendiri, Anda juga wajib memberikan perlindungan terbaik saat memiliki kendaraan. Proteksi terbaik itu hadir dalam produk asuransi mobil

Dengan memiliki asuransi mobil, maka dapat menjamin kerugian, kerusakan, hingga kehilangan atas kendaraan bermotor akibat terjadinya risiko yang menimpa mobil kesayangan.

Itulah mengapa asuransi mobil penting untuk dimiliki. Sebab, kerusakan pada mobil bisa terjadi kapan saja dan premi atau biaya asuransinya tidak murah. 

Sebelum memutuskan membeli produk asuransi mobil, tentunya kamu juga harus lebih dulu mengerti bahwa asuransi kendaraan terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi TLO alias Total Loss Only.

Buat lebih jelasnya, mari simak informasi berikut mengenai pentingnya memiliki asuransi mobil, hingga tips mendapatkan asuransi mobil termurah. 

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil 

Asuransi untuk mobil adalah asuransi yang melindungi risiko kerusakan sehingga biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Tentunya dengan catatan bentuk kerusakan tercakup dalam risiko yang ditanggung asuransi tersebut. Detail cakupan perlindungan dijelaskan lengkap di polis yang ditandatangani. 

Maka perlu teliti dalam memilih asuransi mobil agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal. Selain itu, asuransi jenis ini perlu diutamakan karena memang sifatnya penting. Adapun alasan kenapa asuransi untuk mobil penting dimiliki adalah: 

  • Membantu Mengatur Keuangan 

Alasan pertama mengapa punya asuransi untuk mobil kesayangan sangat penting adalah bisa membantu mengatur keuangan. Nasabah bisa menyiapkan alokasi dana khusus untuk asuransi. 

Dana ini akan cair saat klaim dilakukan, sehingga dijamin tersedia dana khusus servis mobil menjalani perawatan dan perbaikan mobil. 

  • Terhindar dari Kerugian Finansial saat Mobil Rusak 

Kerusakan pada mobil bisa terjadi kapan saja dan disebabkan oleh apa saja, baik karena kecelakaan, bencana alam, maupun yang lainnya. Saat kerusakan besar terjadi maka biaya perbaikannya sangat tinggi. 

Yakin punya dana yang cukup? Dibanding gambling tidak jelas, sebaiknya membeli asuransi khusus mobil. Lewat asuransi ini biaya perbaikan ditanggung perusahaan, sehingga tidak mengganggu kondisi finansial keluarga. 

  • Terlindung dari Risiko Mobil Hilang 

Mobil yang dimiliki bisa hilang kapan saja, mencoba mengatasi kerugian finansial dari risiko ini. Maka bisa membeli asuransi mobil, sebab baik jenis TLO maupun all risk menanggung risiko mobil hilang akibat dicuri orang. 

  • Bisa Merawat Mobil dengan Baik 

Alasan penting selanjutnya adalah karena asuransi bisa membantu pemilik mobil merawatnya dengan baik. Setiap butuh service rutin maupun perbaikan akibat kecelakaan. Maka bisa diklaim ke perusahaan asuransi, sehingga bisa segera memberi perawatan terbaik pada mobil kesayangan. 

Jenis-Jenis Asuransi Mobil 

Secara umum, asuransi khusus mobil terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Asuransi TLO 

Jenis yang pertama adalah asuransi mobil Total Loss Only atau TLO, yang artinya memberi perlindungan untuk kerugian skala besar. 

Sehingga hanya memberi perlindungan kerusakan skala besar di atas 75% dan risiko mobil hilang karena dicuri orang. Selebihnya, tidak ada perlindungan tambahan. 

  1. Asuransi All Risk 

Jenis yang kedua adalah asuransi All Risk yang merupakan asuransi khusus mobil dengan perlindungan lengkap. Memberi pertanggungan dari segala bentuk kerusakan, mulai kerusakan skala kecil sampai skala besar. Selain itu, mendapatkan layanan service gratis maupun perluasan lain sesuai kebijakan penyedianya. 

Tips Mendapatkan Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Berikut ini adalah berbagai cara memilih asuransi mobil terbaik yang patut kamu pertimbangkan.

  1. Pilih Jenis Asuransi yang Sesuai

Asuransi All Risk cocok bagi pengendara mobil dalam kota karena berisiko tinggi terkena baret. Sementara itu, asuransi TLO cocok untuk mobil yang berada di daerah dengan angka kriminalitas tinggi.

  1. Pilih Perusahaan Asuransi dengan Kredibilitas Bagus

Selain brand-nya terkenal, asuransi yang kredibel juga karena pelayanannya yang terpercaya dan sebisa mungkin jarang mendapat komplain. Kamu bisa melihat berbagai review produk asuransi mobil di internet atau forum-forum untuk mendapatkan kesaksian para pengguna jasa. 

Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari calon asuransi kendaraan yang akan kamu pilih.

  1. Memiliki Bengkel Rekanan yang Luas

Biasanya asuransi bekerja sama dengan bengkel resmi dari brand mobil yang kamu pilih. Manfaat asuransi mobil ini sangat berguna bila mobil kamu rusak di daerah yang kurang dikenal.

  1. Bandingkan Premi yang Ditetapkan dengan Fitur Layanan yang Diberi

Premi asuransi mobil memang sudah diatur OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Namun, fitur dan layanan antara satu produk dengan lainnya bisa beda-beda, meskipun preminya sama. 

Terdapat asuransi yang hanya menanggung kerusakan mobilnya saja, tetapi ada juga yang menanggung pengemudi dan penumpangnya. Bahkan, tanpa penambahan biaya. 

Kamu bisa cek apa saja manfaat asuransi mobil pada polis termasuk fitur, perlindungan, dan benefit ekstra yang diberikan. Kamu juga perlu mencari tahu masa pertanggungannya sehingga kamu bisa mengetahui periode coverage asuransi mobil tersebut berapa lama. Bila sudah sepakat, baru tanda tangan.

Itulah alasan pentingnya memiliki asuransi mobil, hingga tips memilih asuransi mobil yang murah namun bagus. Semoga bermanfaat! (ril)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Apa Itu Asuransi Jiwa dan Jenis-jenisnya

Asuransi sebagai bentuk perlindungan manusia itu ada banyak sekali macamnya, selain asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.