Manfaatkan Limbah Kotoran Hewan Ternak Untuk Menyuburkan Tanah | Detik Sumsel
Pemprov

Manfaatkan Limbah Kotoran Hewan Ternak Untuk Menyuburkan Tanah

Pati, Detik Sumsel – Banyak petani yang memanfaatkan penggunaan limbah kotoran hewan ternaknya sebagai pupuk kandang yang sangat baik untuk menyuburkan tanah. Seperti yang dilakukan Ashadi (43) warga Desa Tamansari, Kecamatan Jaken yang sudah lama memanfaatkan kotoran hewan ternaknya. Saat ini ia sedang menggelar pupuk kandang dilahan yang akan ditanami cabai, Rabu (14/7/2021).

Tampak terlihat Serda Subakir bersama Ashadi dan adiknya menebar pupuk kandang tersebut. Ia mengatakan membuat pupuk kandang sangatlah mudah, caranya hanya dengan menumpuk kotoran hewan disuatu tempat dan dibiarkan saja, ketika diremas sudah terasa rapuh itu tandanya sudah bisa digunakan untuk memupuk.

“Pupuk kandang dapat menghemat biaya, dan mudah proses membuatnya,” ucap Ashadi.

Ia kemudian menyampaikan perasaan haru dan sedihnya karena Serda Subakir dan anggota lainya yang sudah dianggap saudara sendiri, seiring berakhirnya TMMD reguler 111 Kodim Pati akan berpamitan kembali kesatuannya. Selama sebulan anggota satgas TMMD tinggal dirumahnya dan mereka sudah sangat akrab.

Sementara itu Serda Subakir mengatakan agar selalu jaga komunikasi dan silaturahmi, ” kebaikan mas Ashadi sekeluarga menjadikan kami sangat nyaman menempati rumahnya dan semoga persaudaraan ini tetap terjaga,” ungkapnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Warga Positif COVID-19 Jangan Nekat Beraktivitas di Ruang Publik

Jakarta, Detik Sumsel- Berdasarkan data aplikasi PenduliLindungi, Ribuan masyarakat Indonesia yang positif COVID-19 terpantau masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *