Masyarakat Komering Kubur Diri di Kantor Gubernur | Detik Sumsel
BNI"

Masyarakat Komering Kubur Diri di Kantor Gubernur

Palembang, Detik Sumsel – Puluhan masyarakat Komering melakukan aksi Kubur Diri di halaman kantor Gubernur Sumsel, Senin (4/3). Aksi yang dilakukan ini untuk memperjuangkan Tanah Rakyat Komering yang dirampas PT Laju Perdana Indah (LPI) Indofood.

Mereka menuntut pencabutan izin hak guna lahan seluas 25.362 hektar yang terletak di Desa Betung, Campang Tiga Ulu, Burnai Mulia, Nirwana, Margorejo, Kota Tanah, Tanjung Kukuh, Taman Agung, Cahaya Negeri, dan Taraman di Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur.

“Aksi kubur diri ini untuk menuntut tanah-tanah Komering agar dikembalikan ke masyarakat. Aksi ini sebagai bentuk protes matinya keadilan,” ungkap Ketua Aksi, Jaimarta.

Ia menambahkan, hilangnya tanah di Komering ini karena diserobot oleh PT LPI. Pembebasan lahan yang dilakukan oleh PT LPI menyisakan banyak luka di tanah masyarakat Komering karena meninggalkan setumpuk konflik agraria yang hingga kini belum selesai.

Terlebih di Desa camping Tiga Ulu berkonflik seluas 1.322 Ha dan Desa Betung Timur (dulu Padukuhan Petaling Jaya) 564,675 Ha. Warga pun minta ganti rugi atas pohon karet dan sawit, yang dirobohkan secara sepihak oleh LPI sebanyak 2.806 batang karet, 75 batang sawit, dan penggusuran seluas 44 Ha. Begitupun di desa Tanjung Kukuh Desa Kota Tanah masih banyak menyisakan konflik. (Tohir)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

MoU dengan APH, Harnojoyo Harapkan Optimalisasi PAD

Palembang, DetikSumsel – Pemerintah Kota Palembang, terus berusaha mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *