Medina Zein Divonis 6 Bulan Penjara Atas Kasus Pencemaran Nama Baik

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Jakarta, Detiksumsel.com — Selebgram Medina Zein telah menjalani sidang putusan dan divonis pidana enam bulan penjara atas kasus pencemaran nama baik melalui media elektronik terhadap Marissya Icha, Kamis (29/9/2022).

Hal ini telah diputuskan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Mengadili, menyatakan, terdakwa Medina Susani alias Medina Zein telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik,” ujar hakim ketua Bawono Effendi saat membacakan amar putusan, mengutip dari cnnindonesia.com.

Vonis ini lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang menginginkan Medina Zein mendapat hukuman satu tahun penjara.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu dengan pidanan penjara selama enam bulan dan denda Rp50 juta rupiah. Dengan ketentuan jika denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan,” lanjutnya.

Dalam perkara ini, Medina Zein dinyatakan bersalah melanggar Pasal 310 dan 311 KUHP dan atau Pasal 27 ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Dalam menjatuhkan putusan ini, hakim mengungkapkan hal-hal yang memberatkan maupun meringankan untuk Medina Zein.

Hal memberatkan yakni perbuatan Medina sangat tidak sesuai dan bertentangan dengan nilai-nilai etika kesopanan dan tidak mendidik penguna media sosial apalagi ia memiliki banyak followersnya.

Hal yang meringankan yaitu Medina merupakan seorang ibu dengan dua orang anak yang harus didamp[ingi dan memerlukan bimbingan.

Kasus ini bermula atas dugaan Masissya Icha yang menduga Medina menjual tas palsu padanya, dirinya lantas meminta pengembalian uang.

Namun Medina justru melontarkan kata-kata yang tidak sopan dan memberi ancaman, atas hal ini Marissya Icha melaporkan Medina ke Polda Metro jaya pada September 2021 lalu. (delta)

Komentar