Melihat Dari Dekat Pembuatan Bahan Dasar Jamur Sekam | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Melihat Dari Dekat Pembuatan Bahan Dasar Jamur Sekam

Pati, Detik Sumsel – Disela-sela kesibukannya dalam mengerjakan pekerjaan disasaran fisik, Sertu Sutrisno anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati meluangkan waktu untuk berkunjung ke rumah warga. Seperti saat ini Ia berkunjung ke rumah Ibu Hamidah (53) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, Kamis (17/6/2021)

Sutrisno melihat-lihat tempat atau tungku dapur yang dipergunakan untuk mengolah limbah gergajian kayu menjadi media budidaya jamur sekam.

Hamidah menjelaskan, limbah gergajian kayu di ambil dari perusahaan Penggergajian kayu. Daripada dibakar sia-sia dimanfaatkan untuk bahan media jamur tiram. Didesanya ada dua perusahaan penggergajian kayu yang limbahnya bisa dimanfaatkan.

Baca Juga :   Pasiter Kodim 0714/Salatiga Tinjau Musholla Al Huda

“Ini masih harus di sterilkan lho Pak, bukan langsung di kasih bibit jamur. Masih melalui beberapa proses, yakni menstirilkan dengan cara di panaskan (dikukus) agar bakteri jamur liar mati, agar bibit jamur tiram bisa tumbuh sempurna tanpa ada parasit jamur lainnya.

Lanjut Hamidah, “setelah itu baru masuk tahap pengepakan, yaitu dimasukkan ke dalam kantong plastik dan siap untuk diisi bibit jamur,” pungkasnya (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

HUT Ke 2 Koopssus TNI Dalam Bingkai “TNI Untuk Indonesia Maju”

Jakarta, Detik Sumsel — Memperingati HUT Kedua Koopssus TNI yang berlangsung hari ini Jum’at (30/7/2021), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *