Melihat Lebih Dekat Operasional Hotel di Era New Normal | Detik Sumsel
Pemprov
Publik Relation, Jessica

Melihat Lebih Dekat Operasional Hotel di Era New Normal

Palembang, Detik Sumsel- Bangunan yang cukup mencolok dan megah beradadi Jl RM Soekamto dengan cat warna abu abu tersebut adalah Hotel Harper Palembang. Pada masa pandemi tersebut terlihat sibuk berbeda dari sebelumnya yang sempat tutup operasional. Saat datang, tamu hanya bisa mengakses satu pintu utama, dan ketika datang langsung disapa petugas dan diukur suhu tubuh dan diminta untuk mengukur suhu tubuh. Saat check in pun sudah menggunakan barcode dan mengisi data sendiri sehingga tidak ada kontak langsung.

Semua pegawai sangat taat dengan protokol kesehatan, mereka menjaga jarak dan menggunakan masker. Bahkan saat sedang menunggu, ada seorang tamu yang ditegur lantaran membuka masker. “Mohon maaf buk, masker dipakai,” kata petugas tersebut.

Selang beberapa menit, kami pun bertemu dengan asisten direktur sale, Ardani dan publik relation Jessica. Media diajak untuk mengecek room, dan saat masuk ke lift di depan terdapat hand sanitizer. Saat masuk room, semua bersih. Terakhir media diajak mencicipi menu dinner dengan set menu. Diatas meja terdapat tisu basa dan duduk berjarak serta semua pegawai menggunakan sarung tangan dan masker.

Ardani mengatakan, operasional hotel semua sudah sesuai standar protokol kesehatan yang ditetapkan dinas kesehatan dan gugus tugas. Jadi pihaknya memastikan sangat nyaman dan aman dikunjungi. Hal tersebut terbukti dengan sertifikat CSHE yang diberikan dan juga dari tiket clean dari tiket.com. “Untuk mendapatkan sertfikat dan tiket clean tersebut tentu ada hal -hal yang dipenuhi sesuai standar protokol kesehatan,” katanya

Menurutnya, sertifikat tersebut menjadi penting bagi operasional pihaknya lantaran memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung bahwasanya hotel ini aman untuk dijadikan pilihan untuk menginap sehingga tidak perlu khawatir dan ragu lagi. Tak salah jika sejak adanya sertifikat ini kunjungan di hotel Harper meningkat dratis. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya okupansi hotel dan juga event MICE yang digelar. “Kalau sekarang okupansi hotel kita sudah diangkat 70 persen dari 163 room,” paparnya.

Bahkan, Ardani mengungkapkan,pembelian tiket melalui online terutama tiket.com dengan adanya tiket clean meningkat drastis dari biasanya hanya 10 menjadi 100 pesanan. Ini menunjukan kepercayaan dan kenyamanan pengunjung dengan adanya ini. Dimana 60 persen pemesanan online dan 40 persen go show (datang).

“Pemesan room memang kebanyakan melalui online dan sumbangsi besar dari tiket.com karena adanya tiket clean ini,” tukasnya.

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, sebagai bentuk inovasi dan dukungan kepada pemerintah dan industri pariwisata Indonesia, tiket.com menghadirkan kampanye Liburan Dekat Rumah dan jajaran fitur yang relevan dalam mengakomodir pelanggan dalam berpergian dan berwisata di masa pandemi agar pelanggan dapat berlibur dengan rasa aman dan nyaman, salah satunya adalah tiketCLEAN.

mengatakan, wujud dari dukungan yang diberikan tiket.com yakni dengan menghadirkan Program Liburan Dekat Rumah (LDR) untuk memulihkan pariwisata domestik terdampak pandemi Covid-19. tiket.com salah satunya di pulau Sumatera.

“Sumatera Selatan memiliki daya tarik wisata budaya cantik dan bernilai tinggi. Ragam obyek wisata favorit yang sarat cerita sejarah pun kian memikat bagi para turis yang mencari wisata aktivitas atau To Do. Dengan komitmen tinggi khususnya dari pemerintah daerah, serta dukungan industri pariwisata untuk mendatangkan wisatawan domestik pun semakin gencar dengan terus disiplin dalam mempraktekkan protokol kesehatan ketat.

Sebagai OTA pionir di Indonesia, tiket.com siap menjadi yang pertama untuk berkolaborasi dalam menghidupkan kembali industri pariwisata dan roda ekonomi nasional. tiket.com yakin dan optimistis pariwisata Indonesia akan terus menunjukkan tren positif,” ujar Gaery

“Berdasarkan data dan tren yang terlihat pada Q3 2020, tiket.com semakin optimistis bahwa pada Q4 2020 hingga 2021, sektor penerbangan dan perhotelan dalam industri pariwisata Indonesia akan mengalami kebangkitan,” lanjut Gaery.

Dia menambahkan, berdasarkan dat dari tiket.com menunjukkan masyarakat cenderung untuk berlibur ke destinasi wisata yang tak jauh dari rumah. Fakta tersebut didukung dengan peningkatan tren staycation dan hotel-hotel yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Tren staycation di sekitar tempat tinggal menjadi pilihan untuk tetap bisa menikmati liburan bersama keluarga maupun teman di tengah pandemi Covid-19. Kami terus menghimbau masyarakat untuk tetap tekun dan taat dalam menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik demi kebaikan bersama, serta cek status Covid-19 di destinasi wisata tujuan.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berlibur, fitur tiketCLEAN dapat digunakan bagi pelanggan untuk memilih akomodasi, transportasi dan tempat wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” tambah Gaery.

tiketCLEAN merupakan sebuah fitur untuk memastikan mitra yang bekerja sama dengan tiket.com sudah memenuhi standardisasi protokol kesehatan dan kebersihan yang dikeluarkan oleh badan resmi seperti World Health Organization (WHO).

Pelanggan dapat memanfaatkan fitur tiketCLEAN saat memilih dan melakukan pemesanan partner hotel, event, atraksi, maskapai penerbangan atau produk lain di tiket.com. Kini, tiket.com telah memiliki lebih dari 8.200 partner berlabel tiketCLEAN dengan standar protokol kesehatan yang ketat sehingga siap memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan saat berlibur.

“Di Sumatera Selatan, mitra hotel yang berlabel tiketCLEAN sudah mencapai 57%. Semenjak pelonggaran PSBB bulan Mei lalu, tingkat okupansi hotel di Sumatera Selatan mencapai rata-rata 50% hingga 100%. Hal ini menandakan bahwa sejak pelonggaran PSBB, konsumen yang hendak berlibur menemukan bahwa informasi label tiketCLEAN sangat informatif dalam membantu mereka memilih hotel dan akomodasi. Peningkatan transaksi ini pun menjadi sebuah tanda positif bagi para mitra hotel,” tutup Ferdinand Siregar – Area Manager West Indonesia, tiket.com. (Raam)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Gelar Konsorsium Bidang Ilmu Syariah dan Hukum

Palembang, Detik Sumsel — Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang gelar KILSYAH 2021 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *