Memanfaatkan Lahan Kosong Dengan Tanaman Cabe Rawit | Detik Sumsel
Detik

Memanfaatkan Lahan Kosong Dengan Tanaman Cabe Rawit

Pati, Detik Sumsel -Tepat berada disebelah Sasaran pokok Betonisasi Jalan TMMD Reguler 111 Kodim Pati merupakan tanaman tebu yang membentang milik masyarakat desa Tamansari.

Tanaman tebu banyak dijumpai selain tanaman padi yang menjadi tanaman utama yang menjadi primadona penduduk disana.

Salah satu warga yang memiliki lahan tebu adalah Karyo (62) yang sengaja menyisakan sedikit lahan yang ditanami tanaman hortikultura yakni tanaman cabe.

Tumbuh subur dilahan yang sempit, ini dimanfaatkan oleh Karyo untuk menambah pendapatan dan juga sebagai bumbu dapur sendiri.

Ditemani oleh serda Muslimin anggota satgas TMMD kodim Pati, ia menuturkan bahwa tanaman tebu ini adalah merupakan tanahnya namun dia sewakan kepada orang lain.

“Saya sewakan per tahun pak, makanya saya minta lahan sedikit saya tanami cabe, lumayan hasilnya bisa untuk tambah uang belanja,”ungkapnya sambil memetik cabe miliknya.Sabtu,(19/06/2021).

Menurut penuturannya, rata-rata pemilik sawah disini disewakan kepada orang lain karena kalau menanam tebu membutuhkan lahan yang luas untuk memperoleh hasil yang banyak.

“Kalau kita punya sawah kan nggak luas,makanya kita sewakan, karena butuh lahan yang luas untuk menanam tebu,kalau cuma sawah sepetak ya hasilnya tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan,”terang Karyo.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

OTT di PN Surabaya, KPK Amankan Seorang Hakim, Panitera Pengganti Serta Pengacara 

Jakarta, Detik Sumsel — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Pengadilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *