Menparekraf Sandiaga Uno Support Pemkab OKI Kembangkan Objek Wisata Berbasis Budaya | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Sekretaris Daerah (Sekda) OKI H Husin, S.Pd., M.Pd., MM., dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, B.BA., MBA., mengangkat hasil kerupuk kemplang yang dinilai layak dikembangkan sebagai bagian dari ekonomi kreatif lokal yang akan mendukung sektor pariwisata

Menparekraf Sandiaga Uno Support Pemkab OKI Kembangkan Objek Wisata Berbasis Budaya

Kayuagung, Detik Sumsel-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir mengambil langkah mengembangkan objek wisata berbasis budaya lokal.

Inisiatif ini disampaikan langsung Bupati OKI H Iskandar, SE., melalui Sekretaris Daerah (Sekda) OKI H Husin, S.Pd., M.Pd., MM., kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, B.BA., MBA.

“Memanfaatkan kearifan lokal sebagai upaya membangun pariwisata berkelanjutan di era adaptasi kebiasaan baru menjadi peluang yang bisa kita optimalkan,” tutur Sekda Husin dalam paparan potensi wisata di OKI kepada Menparekraf Sandiaga Uno, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga :   Pemerintah Gagal Atasi Karhutlah, Warga Dirugikan

Husin menambahkan kearifan lokal menjadi modal penting dalam membangun pariwisata berkelanjutan. Terlebih di Kabupaten OKI ini memiliki potensi wisata budaya seperti Rumah Linmas 100 tiang, industri kerupuk kemplang, tradisi midang, kerbau Pampangan sampai Danau Teluk Gelam.

Pemkab OKI berupaya untuk memanfaatkan budaya dan lingkungan yang bertumpu pada keunikan dari budaya kehidupan keseharian masyarakat sebagai daya tarik wisata secara berkelanjutan.

“Kita bisa menyediakan kegiatan wisata seperti pembuatan gerabah, membuat tikar, pembuatan kerupuk kemplang, sampai belajar tarian lokal di OKI,” jelas Husin.

Baca Juga :   Foto : Peserta Kampanye Prabowo Digotong Karena Pingsan

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf RI Sandiaga Uno menyampaikan kekagumannya akan keindahan wisata alam dan budaya di OKI.

“Agar dapat diminati wisatawan, potensi wisata alam dan budaya tersebut harus memiliki daya dukung seperti aksesibilitas, konektivitas, amenitas sampai atraksi dan ancliliary,” ucap Sandiaga.

Selanjutnya, terkait produk ekonomi kreatif, Sandiaga berpendapat industri kerupuk kemplang di OKI memiliki kualitas sangat unik dan bagus.

“Potensi tersebut dapat dikembangkan sebagai bagian dari ekonomi kreatif lokal yang akan mendukung sektor pariwisata agar lebih mudah berkembang,” papar Sandiaga.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Warga Kecewa Donasi Rp 2 Triliun Akidi Belum Terealisasi

Palembang, Detik Sumsel — Sanjungan dan pujian berubah menjadi hujatan dari masyarakat kepada keluarga almarhum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *