Menu Santap Siang Gulai Rebung dari Empat Lawang, Tunas Bambu Dimasak Pakai Santan dan Bisa Disantap Sama Lemang Ketan

Sambal buah, lalap jengkol

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com – Gulai Rebung merupakan salah satu masakan dari tanah Empat Lawang, Sumatera Selatan. Dari daerah dengan motto “Saling Keruani Sangi Kerawati”, tunas bambu ini diolah menjadi beragam macam olahan yang bisa dijadikan lauk pauk pendamping disaat bersantap siang ataupun malam. Bahkan ada beberapa yang menjadikan gulai rebung sebagai menu saat sarapan pagi dengan mencampurnya dengan irisan lemang ketan.

Gebung Asam
Rebung dalam Bahasa setempat disebut sebagai Gebung. Gebung Asam artinya, tunas bambu yang sudah diiris-iris atau dipotong kecil dan memanjang itu dipermentasikan selama sekitar 4-6 hari. Timbul aroma tak sedap dan muncul buih-buih tipis dipermukaan wadah menjadi tanda bila rebung siap diolah menjadi bahan masakan.

Setelah dirasa matang dan siap diolah, rebung ditambahkan beragam bumbu dapur. Tambahkan salah satu jenis ikan air tawar seperti ikan Sema, Ikan Mas atau ikan Nila. Ikan juga bisa digantikan oleh potongan kulit sapi atau di Empat Lawang dikenal sebagai Belulang. Tentunya belulang tersebut sudah dilunakkan terlabih dahulu. Sebelum disantap bersama nasi panas, jangan lupa disiapkan sambal cengeh serta rebusan daun ubi, jantung pisang serta kacang panjang.

Komentar