Minimaslisir Pungli Gaji RT dan RW Gunakan Sistem Non Tunai | Detik Sumsel
BNI"
Walikota Pagaralam Saat Memberikan Buku Rekening Kepada RT/RW di Kecamatan Pagaralam Selatan.

Minimaslisir Pungli Gaji RT dan RW Gunakan Sistem Non Tunai

Pagaralam, Detik Sumsel – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam mulai melakukan sistem pembayaran Non Tunai untuk pembayaran gaji RT dan RW di mulai dengan wilayah Kecamatan Pagaralam Selatan, yang dilaksanakn di Kantor Camat Kecamatan Pagaralam Selatan, Kamis (4/10).

Hal ini berdasarkan aturan dari Mendagri tentang penggunaan dana APBD harus menggunakan sistem pembayaran Non Tunai. Pemkot bahkan telah memfasilitasi pembuatan rekening pribadi untuk ketua RT dan RW se Kota Pagaralam. Hal ini agar tidak ada lagi ketua RT dan RW tidak memiliki rekening.

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni saat menyerahkan buku tabungan ke RT dan RW menyampaikan bahwa program ini memang sudah menjadi program Pemkot Pagaralam. Pasalnya program ini dinilai akan meminimalisir adanya potongan-potongan dari oknum.

“Yang kita lakukan ini sudah sejalan degan program kita sebelumnya. Pasalnya Alpian menilai program ini dapat mencegah adanya potongan dari oknum terhadap gaji RT dan RW tersebut,”katanya.

Wako berharap ini merupakan langkah awal untuk mencegah adanya praktek pungli disemua instansi di Kota Pagaralam.

“Kita yakin dengan sistem ini praktek pungli tidak akan terjadi. Pasalnya tidak akan ada transaksional langsung,”tegasnya.

Sementara itu, Camat Pagaralam Selatan, M Helmi mengatakan, dengan adanya program ini pihaknya tidak perlu lagi mengumpulkan RT dan RW bahkan harus membawa uang banyak ke kantor untuk membayar gaji RT dan RW.

“Dengan adanya program ini kami tidak perlu lagi membawa uang dengan jumlah banyak. Pasalnya bisa membahayakan dan mengundang tindak kriminal. Selian itu program ini dinilai lebih transparan,”terangnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

1700 Anak Di OKU Dapat Makanan Tambahan Sehat

Baturaja, Detik Sumsel – Sebanyak 1700 anak-anak PAUD menerima makanan tambahan sehat dalam kegiatan pemberian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *