Minta Jalur Pendakian Ditutup Sementara | Detik Sumsel
Pemprov
Penampakan Gunung Api Dempo Dari Kabupaten Empat Lawang

Minta Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Pagaralam, Detik Sumsel – KPH X Dempo Kota Pagaralam meminta untuk sementara jalur pendakian menuju puncak Gunung Dempo ditutup sementara guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Hal ini terkait status Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagaralam Sumatera Selatan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada).

informsi yanh berhasil dihimpun meningkatnya status GAD ini disebabkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Api tersebut sejak tanggal 4 Januari 2022 lalu. Bahkan sampai saat ini Gempa Tremor masih terus terekam dialam Siesmigraf baik yang digital maupun manual.

Baca Juga :   Suami Sakit - sakitan, Susi Hidupi Delapan Anaknya dengan Jualan Sabu

“Kami sudah meminta Balai Regestrasi Dempo (BRIGADE) untuk menutup jalur pendakian sementara waktu. Hal ini disebabkan saat ini Gunung Api Dempo statusnya berada dilevel waspada,” ujar Kepala KPH X Dempo Heri kepada, Sabtu (8/1).

Hal senada dikatakan Kepala BPBD Provinsi Ansori , pihaknya meminta jalur pendakian menuju puncak Dempo ditutup sementara.

“Harus ditutup, pasalnya kita tidak bisa memprediksi alam. Memang saat ini radius aman yaitu radius 1 kilometer dari bibir kawah Gunung Api Dempo. Namun yang dikhwatirkan awan panas atau gas beracun jika ada hembusan di Gunung Api Dempo tersebut,” tegasnya.

Baca Juga :   Diduga Korupsi Pagar Makam, Mantan Kadinsos Ditahan

Dijelaskan Ansori bahwa untuk aktivitas wisata dan masyarakat Pagar Alam masih normal namun harus tetap waspada.

“Pariwisata yang radiusnya lebih dari 1 kilometer dari bibir kawah merapi Dempo tetap aman dikunjungi. Namun harus tetap waspada pasalnya alam tidak bisa kita tebak,” jelasnya.(rendi)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Mulai Juli, ETLE Satlantas Polres Pagaralam Diberlakukan

Pagaralam, Detik Sumsel – Guna meminimalisir pelanggaran lalu lintas yang tidak terpantau oleh petugas lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.