Momen HUT RI, Bupati Lahat Minta Camat Pertahankan Batas Wilayah | Detik Sumsel
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH saat virtual bersama seluruh Camat, Foto Heru/DS.

Momen HUT RI, Bupati Lahat Minta Camat Pertahankan Batas Wilayah

Lahat, Detik Sumsel – Bupati Lahat, Cik Ujang SH sejak Senin (16/8) hingga Selasa (17/8), pimpin secara langsung sejumlah rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia Tahun 2021.

Mulai dari sidang Paripurna DPRD Kabupaten Lahat Tahun 2021, dengan agenda mendengarkan pidato Presiden RI. Upacara penghormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan, Puspa Bhakti. Upacara pengibaran bendera sang merah putih di Lapangan Seganti Setungguan. Pendengaran detik-detik Proklamasi di Pendopoan Rumdis Bupati. Pemberian remisi warga binaan di Lapas Klas II Lahat, dan upacara penurunan bendera sang merah putih di Lapangan Seganti Setungguan.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini juga diikuti oleh seluruh Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Lahat, Forkompinda juga OPD. Sedangkan untuk Camat dan Kades dilakukan via virtual, guna menghindari terjadinya kerumunan.

Bupati Lahat mengatakan, sesuai isi pidato Presiden RI, Joko Widodo, krisis dan pandemi saat ini diibaratkan seperti api. Kalau bisa, kita hindari, tetapi jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari. Api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi. Kalau terkendali, dia menginspirasi dan memotivasi. Dia menyakitkan, tetapi sekaligus juga menguatkan.

“Pandemi ini menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri, dalam menghadapi tantangan masa depan,” sampai Bupati Lahat, sesuai Pidato Presiden RI, Selasa (17/8).

Bupati Lahat mengatakan, momen kemerdekaan tahun ini hadir dengan suasana dan makna yang berbeda. Jika dahulu rakyat Indonesia berperang melawan penjajah, saat ini rakyat dihadapkan dengan perang melawan pendemi virus covid-19. Semangat gotong royong dan kebersamaan yang diwariskan para pahlawan dalam menghadapi rintangan, sudah jadi modal kita untuk bangkit dari Pandemi ini.

“Semangat gotong royong dan saling bersinergi akan membuat kita bangkit, dalam menghadapi Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, secara khusus akan mewujudkan Kabupaten Lahat terus bercahaya,” sampai Bupati Lahat.

Dalam rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI secara virtual bersama seluruh Camat di Kabupaten Lahat, Bupati Lahat meminta seluruh Camat bisa memakna momen ini untuk terus berinovasi dalam meminpin wilayahnya. Terus menggalakkan semangat gotong royong, persatuan dalam membangun dan mempertahankan wilayahnya.

“Camat harus tertib, disiplin dalam bekerja. Untuk Camat wilayah perbatasan, jaga perbatasan jangan sampai ada wilayah Lahat yang hilang, nanti akan dianggarkan untuk memberi patok-patok batas wilayah,” pesan Bupati Lahat kepada seluruh Camat. (Heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hidupkan Sunnah Memanah, Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Gelar Archery Tournament

Palembang, Detik Sumsel — Pesantren Tahfidz Kiai Marogan menggelar Marogan Archery Tournament Sumatera Open Ground …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *